TATIKA

 TATIKA. 

CERITA TIGA KALIMAT


Layaknya sebuah cerita, tatika memiliki keunikan tersendiri mirip dengan pentigraf (cerpen tiga paragraf) sedangkan TATIKA lebih pendek karena Cerita nya hanya tiga kalimat saja. Yang menjadi unsur penting TATIKA adalah cerita akhirnya harus sesuatu yang mengejutkan sesuatu yang tidak terduga sehingga tidak bisa ditebak oleh pembaca. Dan biasanya tatika ini menjadi sangat menarik karena pembaca tidak perlu berlama-lama membaca cerita panjang dan bisa dimengerti dengan mudah oleh semua kalangan


Berikut contoh dari TATIKA:


1. Saat tubuh mulai terasa penat sehabis ulangan,ada yg menyampaikan kalau ada cowok ganteng yang mencariku dan akan mengantarkan ku pulang habis sekolah.   Hatiku serasa berdegup kencang apakah cowok yang selama ini ku taksir dari kelas sebelah yang akan mengajakku pulang sekolah bareng?, ah aku tak sabar bergegas untuk pulang. Sesampai di depan gerbang sekolah aku melihat seorang cowok tersenyum ke arahku dan ternyata dia adalah kakakku sendiri.

2. Hari ini aku pergi ke  supermall untuk membeli baju baru persiapan untuk menghadiri pesta sweet temanku. Sesampai di mall aku menemukan gaun yang sangat elegan berwarna ungu dan aku yakin akan terlihat lebih cantik dengan gaun ini.  Saat pesta aku sudah membayangkan akan ada banyak yg kagum dengan penampilanku karena gaunku yamg elegan, saat aku mulai menapak masuk gedung tempat pesta diselenggarakan aku melihat sekeliling dan ternyata ada banyak teman yang mengenakan gaun yang sama persis dan yang ku kenakan.

3. Betapa nyaman hati ini saat kau genggam tanganku dengan tersenyum manis, laku kutatap matamu yang teduh yang selama ini membuat hatiku berdegup kencang. 

End ..Endah...ayo bangun cepat mandi, sarapan dan segera berangkat sekolah. Dan ternyata semua ini cuma mimpi.

4. "Endah besok kamu berangkat lebih pagi dari biasanya ya, karena aku ada sebuah kejutan buat kamu" ucap Rendra sahabatku  yang selama ini diam-diam aku mulai suka padanya dan mengharapkan dia menjadi kekasihku, hingga malam hari aku tidak bisa tidur gelisah memikirkan surprise apa yang akan Rendra berikan padaku, apakah dia juga suka padaku dan akan menyatakan perasaannya besok pagi, ah aku jadi bahagia jika itu terjadi. Esok hari aku bergegas berangkat lebih pagi dari biasanya dan melewatkan sarapan pagiku dan sesegera mungkin bertemu dengan Rendra. Sesampai di sekolah seperti biasanya Rendra menyambutku dengan senyum manisnya, lalu kutanya "mana surprise nya?", jawab Rendra "ini loh kutemukan buku PR matematikamu yang kamu cari dari kemarin ternyata nyelip di tasku.

5. Matahari siang ini terasa terik sekali, membuatku ingin segera pulang membayangkan minum es buah segar buatan mama.  Sesampai di parkiran sekolah langsung ku masukkan kunci motorku untuk segera melaju pulang dan saat ku putar kuncinya macet. "End maaf itu motorku punyamu ada di dekat pagar, motor kita memang sama" kata Riko teman sekelasku yang selama ini aku kagumi, duh malunya.





Comments

  1. Membuat penasaran ini. Tiga kalimat menjadi sebuah cerita. Seperti memeras santan di paling akhir. He he

    ReplyDelete
  2. sangat menarik, trimakasih banyak ibu,
    bisa untuk referensi. Saya akan mencoba menulis bersama anak-anak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

Belajar dengan cara kreatif Seri Analisis : Berbeda Itu Indah