Kekuatan sebuah kata

Encourage Word
Pentingnya suatu perkataan

Kekuatan kata-kata
Seperti yang kita tahu bahwa perkataan memiliki kekuatan yang kadang bisa mengalahkan suatu senjata. Beberapa banyak orang bisa sukses karena kata-kqta motivasi dari orang lain, dan berapa banyak orang memilih menyerah dari perjuangan nya karena perkataan orang lain


Karena begitu hebatnya kekuatan dari perkataan maka kita seyogyanya mulai berhati-hati dalam mengeluarkan kata. Kita perlu memilih kata dengan tepat ketika berbicara dengan orang lain. Kita juga perlu tahu dengan siapa kita sedang berbicara. Karena ketika kita tahu siapa lawan bicara kita maka kita akan bisa mengatur cara bicara dan memilih konten apa yang akan kita bicarakan. Gaya bicara juga akanmakan mempengaruhi kekuatan kata yang kita keluarkan.

Kata yang sama bisa memiliki arti yang berbeda ketika kita mengatakan nya dengan gaya bicara yang berbeda. Pemilihan kata juga sangat diperlukan pada saat kita berbicara.  Tidak kalah penting nya adalah kita perlu tahu dimana kita sedang berbicara.  Penggunaan kata dan cara bicara kita harus kita bedakan  sekolah, di rumah dan di lingkungan luar .

Penting untuk diperhatikan pada saat berkata-kata adalah:
1. Tata bahasa
2. Gaya bahasa
3. Dengan siapa kita berbicara
4. Lokasi
5. Situas
6. Konten

Tak kalah pentingnya adalah pada saat kita berbicara perlu memikirkan apakah perkataan kita itu penting, berguna dan dapat memotivasi orang lain.

Perkataan yang kita keluarkan bisa mendatangkan kebaikan tetapi juga bisa mendatangkan sesuatu yang berbahaya.

Bayangkan ketika orang penting seperti seorang presiden berbicara sembarangan pasti akan membahayakan negaranya.

Jaga bicara seperti dalam peribahasa... Mulutmu harimaumu

Perkataan btidak hanya datang dari mulut bibir kita tetapi bisa datang dari apa yang kita tulis.  Suatu tulisan akan bisa memotivasi orang lain tetapi juga bisa membawa orang lain masuk dalam ajaran yang sesat.

Sehingga penting bagi para penulis pada saat membuat karya nya dalam bentuk buku yang akan di baca banyak orang. Ide tulisan kita akan mempengaruhi orang banyak yang membaca tulisan kita.

Berkatalah dengan bijak
Menulislah dengan hikmat




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA