Menanamkan sikap disiplin dengan cara yang seru

Disiplin 

Setiap berbicara kata disiplin tentu banyak orang yang tidak terlalu suka. Apalagi kalau sedang di disiplin pasti lebih gak suka lagi.  Padahal sikap disiplin sangat penting untuk dimiliki Setiap orang.  Dari kecil anak sudah diajarkan sikap disiplin dengan harapan anak tersebut menjadi anak yang bertanggung jawab.
Berbagai cara dilakukan oleh para orang tua dalam menanamkan sikap disiplin dari cara yang lembut sampai dengan cara yang keras.  Cara yang keras seringkali lebih efektif di banding cara yang lembut dalam penanaman sikap disiplin.  Tetapi tidak semua cara yang keras dapat berhasil bahkan malah berdampak negatif bagi anak-anak di masa depan nya.


Penanaman karakter disiplin pada anak sangat lah penting.  Jika seorang anak dari kecil sdh diajarkan disiplin makan diusia dewasanya dia akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab. 

Mengajarkan sikap disiplin bisa dimulai dari hal yang kecil. Anak suka dengan bermain. Jadi ajarkan disiplin  pada saat bermain. Remaja bisa dididik kedisiplinan nya dari teladan orang disekitar nya yang paling utama adalah keluarga nya. Konsistensi orang dewasa disekitar anak tumbuh sangat penting untuk pembentukan karakter nya. 
Membentuk kedisiplinan pada saat dewasa tidak lah mudah. Oleh karena itu bentuk kedisiplinan sejak dini. 
Kedisiplinan yang diterapkan sejak dini akan banyak mendatangkan keuntungan bagi si anak maupun keluarga 
Bagaimana caranya? 
1.Tumbuhkan motivasi pada anak-anak
Kadang anak belum mengerti apa kata disiplin yang sesungguhnya dan bagaimana cara menetapkan nya  orang tua bisa mengajar kan disiplin dengan cara memberikan teladan pada anak-anak nya dan dilakukan secara konsisten. Teladan dari orang tua sangat efektif dalam penanaman disiplin. Anak akan melihat bahwa disiplin adalah suatu keharusan yang wajib dilakukan oleh semua anggota keluarga.  Memberikan tayangan yang memperlihatkan betapa pentingnya hidup disiplin  dan apa dampak baiknya dalam hidup. 
2. Advise
Nasihat yang selalu konsisten diberikan pada anak jika anak melakukan ketidakdisiplinan. 
Karena dengan nasihat anak akan punya
 pemahaman yang benar bagaimana berlaku disiplin dalam hidupnya. 
Nasihat orang tua busa digunakan alarm pengingat bagi anak ketika dia jauh dari orang tua nya. Anak akan tahu bagaimana berlaku disiplin dimanapun dia berada. 
3. Konsekuensi
Konsekuensi ketika tidak disiplin pada aturan yang dilanggar tidak harus dalam bentuk hukuman yang  ekstrim
Bisa dengan kegiatan yang juga bermanfaat bagi anak nantinya. Contohnya adalah ketika anak tidak disiplin makan dia harus membaca buku dan membuat resume dari buku tersebut atau bersih-bersih rumah atau banyak konsekuensi lain yang bisa diterapkan sehingga tidak harus dengan kekerasan fisik. 
Pemberian konsekuensi juga akan sangat efektif jika dilakukan secara konsisten dan melihat kondisi anak. 

Comments

  1. Makasih telah berbagi tips untuk parenting nya..

    ReplyDelete
  2. Di sini serunya dunia pendidikan. Para guru juga harus paham betul sebagai sosok yang dilihat setiap hari oleh siswa agar menjadi teladan dalam kedisiplinan. Nasihat yang paling efektif adalah dengan contoh. Terima kasih Ibu, atas tulisan kerennya.

    ReplyDelete
  3. Mendidik siswa untuk menanamkan displin sangat sulit. Setiap anak berbeda,kita selaku guru hrs sabar...Sukses

    ReplyDelete
  4. Orang tua dan guru harus satu suara dalam mendisiplinkan anak.

    ReplyDelete
  5. Siiiip👍👍 terima kasih ilmunya Bu Endah🙏

    ReplyDelete
  6. Ilmu yang bisa di ATM langsung....
    SippLahh...

    ReplyDelete
  7. Nah, hukumannya bukan dengan dimarahi, melainkan dengan kegiatan yang produktif bagi si anak itu sendiri. Mantap deh!

    ReplyDelete
  8. Tanamkan disiplin dengan di mukai mrmberi conyih, mengingatkn serta beri pemahaman jika melanggar beri hukuman yg mendidik. Setuju Bu Indah ..

    ReplyDelete
  9. Kalau sudah jadi kebiasaan, disiplin membuat kita teratur juga.

    ReplyDelete
  10. Masih suka tidak konsisten dengan konsekuensi yang diberikan. Terima kasih pengingatnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA

Belajar dengan cara kreatif Seri Analisis : Berbeda Itu Indah