8 Pendidikan Karakter Anak yang perlu diterapkan Dalam Keluarga Pendidikan Karakter Dalam Keluarga

8 Pendidikan Karakter Anak yang perlu diterapkan Dalam Keluarga. 



Pendidikan seorang anak dimulai sejak dalam keluarga bahkan sejak dalam kandungan orang tua khususnya ibu yang mengandung bisa memberikan stimulus pendidikan pada bayi yang dikandungnya. Tentu saja orang tua mempunyai peranan penting dalam pendidikan keluarga. Orang tua perlu belajar dalam mendidik anak yang mengikuti perkembangan zaman. Bukan sekedar penampilan yang diutamakan tetapi keseluruhan kecerdasan yang dibutuhkan anak.



Zaman sekarang sudah berbeda tidak sama dengan zaman orang tua di jaman dahulu. Belajar sepanjang hayat. Setiap anak hidup dalam zamannya masing-masing. Orang tua harus mampu membimbingnya agar kelak mereka berhasil dalam hidupnya.

Sebagai orang tua mendidik anak adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan secara maksimal.  Seorang anak bisa menjadi baik dan tidak baik tergantung bagaimana orang tua mendidiknya.
Tentu saja pendidikan yang baik harus tetap dibudayakan supaya hidup tidak kehilangan arah. Terutama pendidikan karakter yang mulai punah dalam keluarga.  Nilai-nilai karakter perlu diajarkan pada semua anggota keluarga.
Anak yang memiliki nilai karakter yang kuat tentu akan menampilkan kesopanan yg baik ketika ada ditengah masyarakat. Dan tentu anak yang seperti ini menjadi idaman setiap keluarga.  Nilai kesopanan dan nilai karakter yang dimiliki anak tidak serta merta ada ketika mereka lahir tetapi hasil bentukan dan didikan dari keluarga khususnya orang tua.


Ketika pendidikan dasar menjadi tanggung jawab orang tua tentu saja kualitas orang tua juga perlu diperhatikan. Orang tua yang memiliki kualitas hidup yang baik akan menciptakan keluarga yang baik.  Dari keluarga yang baik tentus akn mencetak generasi yang baik pula.  Efek domino akan sangat dirasakan ketika orang tua tidak mampu berperan menjadi orang tua yang baik bagi anak-anaknya. Anak-anak akan kehilangan arah karena tidak memiliki teladan yang baik.  Teladan yang setiap hari akan dilihatnya.   Bagaimana anak bisa hidup dengan kedisiplinan yang tinggi jika orang tuanya memiliki kesopanan dan kedisipinan yang kendor.  Bagaimana seorang anak mau belajar jika orang tuanya tidak pernah fokus terhadap perkembangan pendidikan anak-anaknya. Jadi pada dasarnya keberadaan anak adalah cerminan dari orang tuanya.

Kualitas hidup orang tua memang tidak bisa langsung tercetak secara otomatis.  Tetapi melalui banyak pembelajaran.  Memang tidak ada orang tua yang sangat sempurna dalam mendidik anaknya tetapi orang tua bisa mengusahakan bagaimana anak-anaknya menjadi pribadi yang berkualitas.  Untuk bisa memiliki anak yang berkualitas orang tua juga harus memiliki standard hidup yang berkualitas pula.

Bagaimana membangun hidup yang berkualitas ?

Nilai-nilai karakter yang tinggi tidak selalu berbanding lurus dengan pendidikan seseorang.
Orang tua harus berupaya dengan berbagai cara untuk bisa memiliki kualitas hidup yang baik sehingga bisa memiliki anak-anak yang berkarakter baik.

8 Pendidikan Karakter Anak yang perlu diterapkan Dalam Keluarga

1. Tanggung jawab
2. Disiplin
3. Kejujuran
4. Kesopanan
5. Suka Menolong
6. Tidak mudah mengeluh dan marah
7. Mau mendengar Nasihat
8. Mau berbagi

Orang tua yang sibuk dan membiarkan anaknya tumbuh tanpa pendampingan yang baik tentu akan melihat bahwa bahwa pertumbuhan rohani anaknya tidak akan sehat di banding anak-anak yang selalu mendapatkan perhatian dan pendidikan karakter yang baik dari orang tuanya. 




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA