Proses penerbitan buku Ajar melalui Penerbit Mayor

PROSES PENERBITAN BUKU AJAR

Jumat. 8 Mei 2020
tema: Proses Penerbitan Buku Ajar
Nara sumber: Joko Irawan Mumpuni
Oleh : Endah Win

Seni membuat buku sudah menjadi kebutuhan bagi para penulis..  Dan kebutuhan seorang penulis buku adalah menerbitkan bukunya sehingga bisa sampai di tangan pembaca.  Keberadaan penerbit tentu saja sangat penting bagi penulis, pun sebaliknya kenberedaan penulis juga sangat penting bagi penerbit.

Untuk menerbitkan buku seprang penulis  perlu mengenal penerbitnya terlebih dahulu.  Sehingga buku nya diterbitkan ke tempat yang tepat.  Bukan asal mencari penerbit saja.

PENERBIT ANDI
Mengenal Penerbit nasional yang ada di Jogjakarta yang sudah berhasil menerbtkan banyak karya dari penulis terkenal.
Sejarah berdirinya Percetaka Andi Offset Yogyakarta sampai terkenal sampai sekarang. Banyak penulis ingin mencetak di sana dengan penerbit Mayor. mungkin semua menjadi idaman sang penulis agar bisa di beri peluang ke penerbit Mayor.   Andi Offset adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan dan penerbitan buku. Perusahaan ini didirikan sebagai perusahaan perorangan pada tanggal 4 Januari 1980 oleh JH Gondowijoyo dengan alamat di Jl. Beo No. 38-40 Demangan Baru, Yogyakarta 55281.

Visi Misi Percetakan Andi  adalah :
VISI Perusahaan: 
Penerbit dan Percetakan CV Andi Offset bertujuan untuk mempermuliakan Tuhan serta mencerdaskan masyarakat dengan menjadi perusahaan yang terdepan di bidang percetakan dan penerbitan.
MISI Perusahaan:
  •  Menghasilkan produk buku yang bermutu tinggi dan harga terjangkau.
  •  Mendukung program pendidikan pemerintah dengan menerbitkan buku-buku yang berkualitas.
  • Memberikan pelayanan yang excellent di bidang jasa cetak untuk menjamin kepuasan pelanggan.
Untuk menerbitkan buku penulis harus tahu syarat atau selingkung yang di buat oleh perusahaan penerbit
Menyimak penjelasan narasumber Bapak Joko Irawan Mumpuni , bagaimana proses menerbitkan buku ajar. Penjelasan ini bisa digunakan penulis untuk mempersiapkan penerbitan bukunya oleh perusahaan penerbit Andi

Langkah-langkah penerbitan :
Mempunyai Motivasi yang kuat 


Kalau kita perhatikan prosesnya diawali dari penulis yang punya naskah sampai pada proses ada pembaca, nah di tengah2 ini akan dijelaskan

Proses dipenerbitan dimulai dari gambar besar dari 4 stagholder yaitu
  1. Penerbit
  2. Penyalur
  3. pembaca
  4. Penulis
Kalau kita gambar di atas naskah sudah jadi dan dikirim pd penerbit, proses pertama dinilai apakah naskah tersebut bisa dinilai apa tidak.


Asumsikan saja naskah tidak dikembalikan, penerbit akan menerbitkan, Penerbit akan memberi surat dan menandatangani surat perjanjian, menunggu sampai soft copi naskah dari penerbit.


Kita asumsikan sebagai penulis menyerahkan soft copi naskah lengkap, langsung naskah tersebut di edit yaitu dari sisi bahaanya, kmd di setting ukuran buku, ada hiasan nya secara paralel membuat cover buku disesuaikan dg target marketnya


Selanjutnya setelah naskah selesai di edit maka akan di cetak satu seperti aslinya terbit naskah prof untuk dikorek si akhir supay tdk ada kesalahan fatal. Sebaiknya naskah sudah naskah jadi agar tidak di rombak total.


Pada akhirnya setelah naskah dikoreksi dikembalikan pd penulis segera, penerbit melakukan koreksi. Persis seperti kemauan penulis akan dibuatkan film PLAN Plat cetak untuk dicetak lembar demi lembar,  bisa sampai  6 halama-10 halaman baru masuk mesin lipat baru nanti di banding.


Merupakan indikator apakah penulis itu berhasil apa tidak. Jika berhasil akan mendapatkan: 
  1.  kepuasan akan hasil akhir.
  2. Mulai terkenal reputasinya oleh siswa dan guru, 
  3. web site mulai banyak dikunjungi reputasinya semakin meningkat. 
  4. Karirnya meningkat, 
  5. Royaty semakin besar semakin berhasil
Indikator buku itu akan sukses atau tidak sebenarnya dalam proses penilaian dari penerbit, yakin akan di terbitkan adalah peluang potensi pasar keilmuannya, ssi dg silabi dalam kurikulum

Buku yang sukses adalah buku yang laku buku yang peluangnya pasar banyak

Untuk penulis pemula disarankan unytuk menulis tema populer sehingga lebih mudah diterima penerbit dan pembaca.  Karena penerbit akan mencari buku yang sedang populer karena itu yang lagi diminati oleh pembaca.
Buku populer biasanya disesuaikan dengan kebutuhan.  Kalau itu buku ajar maka harus mengikuti kurikulum yang sedang digunakan oleh pemerintah. 



Proses penerbitan tdk lepas dr jumlah cetak. OPLAH. Oplah semakin gede semakin bagus. Tergantung buku tersebut masuk di kuadran mana. Buku itu akan berlakuku di sepanjang masa. Tipi LIFE CYCLE panjang. Jika Lifecycle Pendek, ini  sangat disuakai penerbit. Life cycle Pendek buku yg tergantung teknologi, ini dimusnahkan oleh penerbit.Menulis yang yg market nya lebar. dan lifecyclenya panjang. 

Gaya selingkung harus konsisten, maka akan di terima, penerbit tdk akan menolak gaya selingkung di dunia ini asal penulisannya harus konsisten

Kesimpulan:

  • Apabila ingin bukunya diterbitkan di Penerbit Mayor seperti Andi Offset maka penulis harus menulis sebuah buku mengikuti gaya seelingkung darai perusahaan penerbitan
  • Tema populer masih diminati para pembaca., disarankan untuk penulis pemula membuat buku tema populer
  • Akan ada banyak buku yang akan mirip dengan apa yang kita buat, tetapi tetap menulis saja. Buku punya roh nya sendiri.  

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA