PELATIHAN MENULIS Bagian 2 Merawat Motivasi Menulis dan Menulis di Blog



BELAJAR MENULIS 
PEMBELAJARAN 2 Merawat Motivasi Mengelola Atau Menulis Di Blog

Belajar Menulis Gelombang 4
Pertemuan 2 : Rabu, 4 Maret 2019
Waktu            : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri        : Dedi Dwitagama
Topik              : Merawat Motivasi Mengelola atau Menulis di Blog

MERAWAT BLOG DENGAN SABAR MENUMBUHKAN  DAYA KREATIVITAS MENULIS

Pada pertemuan ke 2 pada  pembelajaran menulis adalah tentang bagaimana kita merawat blog yang sudah kita miliki.  Biasanya orang akan rajin mengisi dan menulis di blog di awal-awal pembuatan blog, tapi lama kelamaan menulis sering kali dilakukan ketika moody dan ada waktu.  Yang menjadi masalah adalah seringkali ketika menulis hanya dilakaukan jika ada waktu luang hasilnya kita jadi jarang menulis karena profesi seperti saya yang seorang guru dituntut banyak untuk menyelesaikan tugas pembelajaran dengan seabreg administrasi guru dan koreksi.  Apalgi jika musim test dan ujian. Tugas guru benar-benar menyita waktu dan tenaga.  Sehingga kesempatan untuk menulis di blog jadi hilang dan akhirnya menulis menjadi suatu kegiatan yang mustahi dilakukan.


Keinginan untuk selalu konsisten dalam menulis memang memiliki banyak tantangan.  Jika kita memiliki tujuan yang jelan mengapa kita harus menulis mungkin tantangan demi tantangan bisa kita lewati meskipun tidak mudah.  Sehingga apapun profesi kita maka kita masih bisa berkarya dengan tulisan-tulisan kita

Pada pertemuan kedua belajar menulis narasumber di banjiri banyak pertanyaan tentang bagaimana kita bisa konsisten dalam berkarya padahal memiliki banyak kegiatan penting lainnya.
Nara sumber membereikan banyak sekali tips dan trik bagaimana kita tetap setia menulis meski mungkin hanya menuliskan pengalaman-pengalaman disekitar kita.  Karena pengalaman yang kita miliki jika dituliskan bisa bermanfaat bagi orang lain yang membaca tulisan kita

Hambatan dan tantangan dalam mengelola atau menulis di blog

Kegiatan menulis seharusnya bisa menjadikan kegiatan yang menyenangkan dan seru apabila memiliki kesempatan dan waktu luang.  Masalahnya terkadang kesempatan dan waktu luang sangat sulit didapat oleh  banyak orang.  Kesibukan bekerja menjadi kendala utama untuk menghasilkan karya.
Berikut ini adalah beberapa tantangan yang dihadapi oleh penulis pemula dalam mengelola atau menulis di blog, yaitu :
  1. Susah membuat prioritas  antara menyelesaikan  pekerjaan utama dan menulis di blog
  2. Ide kreatif yang dimiliki sangat monoton akbiat rutinitas, sehingga tidak muncul ide kreatif
  3. Moody , hanya ingin menulis ketika hati sedang mood
  4. Kurangnya ilmu dalam teknik menulis menimbulkan  kekhawatiran bahwa tulisan kita tidak akan diterima publik bahkan ketakutan jika ada kemungkinan tulisan kita melanggar UU ITE
  5. Inspirasi yang ingin ditlis ternyata sudah ditulis oleh orang lain sehingga keberanian menulis jadi rendah dan kurang inspiratif dalam menulis
  6. Banyaknya blog orang lain yang isinya sangat menarik sehingga perasaaan kurang percaya diri timbul dan akhirnya keinginan menulis jadi menurun

Tips dan Trik Mengelola atau Menulis di Blog

Dari hasil pembelajaran yang disampaikan narasumber  saya mendapatkan tips dan trik mengelola atau menulis di blog
Berikut ini adalah tips dan trik yang dibagikan oleh Pak Dedi Dwitagama bagi blogger pemula agar dapat mengelola blognya secara konsisten :

1.  Menulis dijadikan hobi setiap saat.  Misalnya sambil menunggu rapat, sambil menjemput anak, istri, kemudian ketika berada di parkiran saat mengantar istrinya ke pasar, bahkan waktu menunggu jadwal pesawat.

2.   Memiliki Komunits sosial yang mendukung . Pak Dedi merasa bahwa beliau membutuhkan ilmu untuk belajar di perguruan tinggi negeri .  Kemudian pada tahun 1984 beliau kuliah di jurusan matematika D3 IKIP Jakarta.  Pada saat kuliah tersebut, Beliau juga mengikuti kegiatan teater sehingga beliau tertarik untuk mengikuti lomba membaca puisi cerpen bahkan menyanyi lagu-lagu keroncong.

3.    Menulis secara konsisten.   Pak Dedi memberikan contoh tentang dirirnya yang sudah 15 tahun aktif menulis dalam blog.  Beliau mengelola 13 blog pribadi dan juga komunitas.  Dari hal tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa konsistensi dilakukan oleh narasumber dan menghasilkan banyak karya meski tugas dan pekerjaan beliau juga banyak dan padat.

4.  Menulis secara produktif.  Pak Dedi mengatakan bahwa hal yang bisa dilakukan pada saat berkarya yaitu menjalankannya dengan tidak banyak membawa beban dan tidak membiarkan kekhawatiran menguasai kita. Hilangkan perasaan takut dan khawatir serta harus percaya diri dalam menulis.  Perasaan takut takut melanggar UU ITE atau pamer membuat kita jadi enggan berkarya. Jika kita ingin menceritakan sebuah peristiwa yang terjadi sesuai kenyataan, namun takut menuliskannya, saran dari Pak Dedi adalah jangan menulis menggunakan nama asli dan tempat / lokasi asli. Sedangkan alur peristiwanya boleh sama dengan sebenarnya.

5.  Menulis pengalaman dan kesempatan yang ada di sekitar kita . Bagi seorang blogger pemula yang mempunyai hobi kuliner, dapat membuat postingan tentang masakannya, seorang ibu / nenek dapat memposting foto cucu / anaknya di blog lalu diberikan cerita sedikit, atau bisa juga pada saat suami istri sedang berada di gedung resepsi pernikahan, upload fotonya dan berikan caption terbaik untuk membagikan moment kebahagiaan tersebut.

6.  Rajin membaca apapun yang ada di sekitar kita .  Termasuk membaca blog orang lain .  tidak ada salahnya kita belajar dari blog orang lain. Dengan dengan seringnya kita belajar melalui blog orang lain kita akan menjadi tahu bagaimana caranya untuk menulis di blog.
Narasumber memberikan tips jika kita sedang kering ide kita bisa lakukan  ATM amati tiru dan modifikasi sehingga kita akan bisa menuliskan tulisan yang baru ala kita sendiri dengan cara membaca blog orang lain di Kompasiana, di WordPress ataupun yang lainnya kemudian melakukan

7. Merawat blog dengan cara menulis.  Blog dibuat pasti tujannya adalah agar kita bisa memiliki media menulis dimana dari media menulis ini kita bisa memunculkan personal branding yang kita miliki.  Terlebih bisa memberikan berbagai informasi pada banyak orang.  Menulis kapanpun dan dimanapun serta disituasai apapun.


8.    Rajin melakukan pengamatan dengan mencai informasi  tentang berbagai hal.
Beita viral meruakan salah satu hal yang menarik untuk dijadikan ide tulisan.  Banyak orang tertarik membaca sustu tulisan karena memuat hal-hal yang sedang viral dimasyarakat.  Dari berbagai informasi yang kita dapatkan dari berbagai hal akan muncul banyak ide yang inspiratif yang layak ditulis di blog kita.

 9.    Penggunaaan Bahasa yang komunikatif.  Untuk membuat suatu tulisan tentu saja gaya bahasa kita perlu diperhatikan.  Karena orang akan lebih tertarik dengan suatu tulisan yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele. Bahasa komunikatif yang mungkin lebih kekunian jika digunakan tentusaja membuat tulisan kita lebih menarik

10. Kegiatan menulis akan memunculkan Personal Branding .  Fokus menulis kita tentu saja tanpa kita sadari akan terlihat dari karya-karya yang sudah kita buat.  Misalnya jika kita sering membuat ulasan tentang pendidikan maka personal branding yang muncl adalah kita sebagai penulis di bidang pendidikan

Pentingnya Menulis di Blog

Manfaat yang dapat diperoleh jika kita memiliki media menulis seperti Blog, diantaranya  adalah :
1.     Bisa mengekspresikan diri melalui tulisan dan gambar yang kita miliki tanpa dibatasi tempat
2.     Leluasa dalam menerbitkan artikel. Hal ini dimanfaatkan oleh para jurnalis profesional yang mempunyai artikel namun tidak bisa diterbitkan di medianya karena bertentangan dengan misi media di mana Dia bekerja.
3.     Sarana promosi sekolah dan pekerjaan sampingan.
4.     Keuntungan materi dan pengalaman tak ternilai.
5.     Memiliki Jejak digital gratis. Seperti peribahasa gajah mati meninggalkan Gading Harimau mati meninggalkan belang manusia mati meninggalkan nama baik peribahasa itu sebenarnya cuman kita baca dan kita hafalkan tetapi jarang diterapkan oleh guru sehingga guru atau tepatnya kita sendiri sering melupakan atau sering dilupakan oleh orang lain, nah dalam hal ini blog bisa menjadi sebuah jejak yang bisa kita tinggalkan dan bertahan sangat lama dan bisa diakses secara gratis.
6.     Bisa bermanfaat bagi banyak orang . Jika kita menulis di blog, maka tulisan kita akan dibaca oleh orang lain dan bermanfaat bagi mereka.

Kesimpulan :
Ø  Membuat blog untuk berkarya
Ø  Merawat Blog dengan rajin menulis
Ø  Memunculkan personal branding melalui tulisan
Ø  Meninggalkan jejak digital yang bermanfaat bagi sesama



Comments

  1. Mari kita jaga motivasi menukis di blog

    ReplyDelete
  2. Matur nuwun Om Jay, support bapak beneran membuat saya jd pengen nulis.... keinginan buat buku semoga tercapai.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA

BELAJAR DENGAN CARA KREATIF SERI: PKKn Menyenangkan lohh... !! PENTINGNYA GOTONG ROYONG DI MASYARAKAT