BELAJAR DENGAN CARA KREATIF SERI : "Cerdas Dalam Membuat Analisis"




Cara Membuat Analisis yang Baik

Oleh Endah W

Banyak sekali kejadian yang sangat luar biasa di sekitar kita. Berita yang penting atau tiddk penting. Bahkan maraknya aplikasi media sosial membuat orang mulai eksis mempublikasikan diri nya dengan berbagai hal. Kadang orang sengaja ekspose dirinya habis- habisan demi bisa  viral.  Untuk tujuan tersebut orang beramai-ramai membuat konten di banyak media dengan cara apapun. Dari hal yang dianggap penting dan berguna sampai hal yang mungkin bagi sebagian suatu konten yang sama sekali tidak penting.

Dengan banyaknya berita atau kejadian yang ada di sekitar kita tentu saja menarik orang lain untuk ikut berkomentar. Terkadang orang berkomentar dengan asal bicara atau bahkan hanya sekedar untuk iseng saja.
Suatu berita akan ramai dibicarakan jika berita tersebut dianggap menarik.


Semakin tinggi rating suatu berita jika banyak orang membicarakannya. Banyak orang memberikan pendapatnya secara bebas dan atas nama demokrasi banyak orang beranggapan bahwa kemerdekaan berpendapat itu penting.  Nyatanya kemerdekaan berpendapat akhir-akhir ini sudah menjadi "kebablasan".  Orang beropini dan berpendapat untuk semua hak tanpa memperhatikan bhawa pendapat atau opininya sangat berbahaya. 
Mengapa berbahaya? Karena banyak sekali pendapat atau opini seseorang atau kelompok di gunakan untuk menjatuhkan atau mwncemarkan nama baik seseorang.  Tentu saja kemerdekaan berpendapat seperti ini tidak bisa dibenarkan karena bisa memicu disintegrasi di dalam masyarakat bahkan dan itu bisa membahayakan stabilitas negara.

Jarang sekali orang beropini atau berpendapat menggunakan analisis yang baik.  Orang cenderung mengeluarkan pendapat secara cepat tanpa menganalisis peristiwa atau kejadian terlebih dahulu. Spontanitas yang sangat berbahaya.
Untu meredam pelanggaran yang dilakukan banyak orang melalui media elektronik  maka pemerintah membuat suatu aturan yang harus diindahkanboleh banyak orang.  Peraturan tersebut tertuang dalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-undang nomor 11 tahun 2008 adalah UU yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum.  UU ini digunakan untuk meredam opini yang dilontarkan oleh individu atau kelompok yang memicu disintegrasi yang berbahaya bagi kehidupan sosial masyarakat.

Banyak sekali pihak yang terkena kasus hukum yang disebabkan karena melontarkan ucapan atau postingan yang di anggap merugikan pihak lain.  Oleh karena itu pentingnya memiliki daya analis yang baik sangat di sehingga opini ataupun pendapat yang dilontarkan bisa memberi wawasan yang berguna bagi orang yang mendengar atau yang membacanya. Analisis sangat diperlukan untuk membantu memecahkan suatu situasi yang dianggap sulit. Atau meski hanya digunakan untuk beropini terhadap suatu situasi.

Tidak banyak orang yang mau belajar bagaimana supaya kita mempunyai daya analis yang baik.
Analisis ada pada tingakatan yang tinggi dalam Taxonomy Bloom.  Seharusnya

Memiliki daya analisis sangatlah penting karena bisa digunakan untuk pemecahan masalah dan bagaimana membuat suatu rencana untuk merancang sesuatu. 

Memiliki daya analisis tidak memulu hanya dibutuhkan  oleh para legislatif atau orang penting saja.  Orang dari kalangan apapun perlu memiliki daya analisis yang baik. Sehingga ketika membuat opini atau berpendapat tentang sesuatu tidak asal-asalan tetapi berwawasan tinggi.

Bagaimana cara membuat analisis yang baik

Banyak orang jika membuat analisis hanya cukup dengan 5W + 1H
§  What
§  Where
§  Who
§  Why
§  When
§  How

Dengan keenam hal tersebut kita memang sudah bisa membuat analisi. Tetapi Analisis tersebut menjadi kurang lengkap karena hanya sampai pada beropini saja.

Seharusnya untuk membuat analisis yang baik perlu di lengkapi dengan opini, argumentasi, fakta, dampak dan solusinya.

Analisis yang berwawasan

Untuk mendapatkan Analisis yang berwawasan perlu hal-hal yang diatas.

1. Opini
Opini adalah pendapat pribadi yang di pakai untuk menanggapi suatu kasus atau permasalahan secara umum. Biasanya hanya berbentuk menyetujui atau tidak menyetujui suatu pendapat orang lain atau tanggapan umum tentang suatu peristiwa.

2. Argumentasi.
Argumentasi adalah alasan mengapa kita memiliki suatu pendapat. Sehingga pendapat atau opini yang kita buat ada penguatannya.

3. Fakta
Fakta adalah suatu bukti dari suatu peristiwa atau kasus yang sedang dibahas.
Fakta sangat diperlukan ketika kita membuat suatu opini. Sehingga opini atau pendapat kita tidak dianggap "hoax".  Pendapat yang tidak disertai fakta kebenaran nya tentu saja kita tidak bisa mempercayainya atau menganggap nya benar.  Didalam fakta tentu saja harus mengandung 5W+1H. Fakta yang ada  tentu saja memperkuat opini yang sedang kita buat.

4. Dampak
Dampak adalah efek yang terjadi jika kita membuat suatu opini. Dampak tentu saja perlu kita perhitungkan jika kita sedang membuat atau membangun opini. Dampak yang ditimbulkan positif atau negatif. Jika kita sudah memperhitungkan dampak yang terjadi maka kita akan lebih hati-hati dalam beropini. Sehingga kita tidak salah dalam bertindak.

5. Solusi
Solusi adalah jalan keluar. Membangun rangka berpikir untuk mencari jalan untuk menyelesaikan suatu masalah.
Banyak orang yang sering berkomentar tentang suatu masalah,   ketika ditanya apakah memiliki solusi atau tidak  banyak yang tidak bisa menjawab. 
Banyak orang melakukan demonstrasi atau banyak orang yang mengkritisi tentang sesuatu ternyata hanya bisa berteriak dan mengkritik saja tanpa memiliki solusi.

Seorang yang memiliki daya analisis yang baik seharusnya sudah memiliki cara untuk menyelesaikan kasus atau suatu permasalahan.  Dengan demikian pendapat yang kita akan berikan bisa berkualitas dan berwawasan tinggi.
Mari kita ciptakan generasi solusi bukan generasi yang hanya bisa berteriak tanpa memberikan jalan keluar.

Dengan memperhatikan hal- hal tersebut kita akan bisa memiliki kerangka analisa yang baik. Analisa yang baik juga bisa digunakan untuk banyak hal dan berguna untuk membuat membangun kerangka berpikir yang berwawasan tinggi.

"Orang yang pintar adalah orang yang memiliki daya analisis berkualitas dan memiliki solusi."

#do_right_thing
#be_better_generation

"Use Your Brain To Bless Other"



Comments

  1. Bagus analisisnya, bahasanya cukup lugas sehingga mudah dicerna oleh pembaca,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Bu Linda. Belajar analis memudahkan saya untuk mengoreksi tugas siswa IPS dan PKN siswa saya ajarkan bagaimana membuat analisis sehingga TDK asal membuat opini.
      Sukses ya Bu

      Delete
  2. Ini sih ahlinya. Keren bgt artikelnya, Bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat ajari siswa supaya bisa membuat analasis IPS dan PKN dengan baik bu. dan membeiasakan generasi ini memililiki solusi

      Delete
  3. Bagus pengetahuannya, lengkap semua jelas dan pembaca mudah mengerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih, membuat teori untuk pembelajaran buat siswa supaya kalau membuat analisis bisa lebih baik

      Delete
  4. Feeling kuat tapi kalau untul menganalisis kdg lupit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kita BS buat analisis y bsik , memudahkan kita mengambil keputusan dlm setiap masalah

      Delete
  5. Analisis berwawasan..keren
    Sangat gamblang dan mudah dipahami

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA