SERI KONSELING BAGIAN KE 3 "GADGET IS MY FRIEND"


GADGET IS MY FRIEND

Gadget berbahayakah.....???
No gadget....No Hp....No Game....!!

Di banyak sekolah masih mengeluarkan peraturan yang berisi larangan menggunakan gawai di area sekolah.  Tidak hanya di sekolah di rumah pun banyak keluarga dengan cara yang keras melarang anaknya untuk menggunakan gadget.  Peraturan tersebut dijalankan karena memang ada banyak kelemahannya jika menggunakan Gawai.

Perkembangan tehnologi sudah begitu pesatnya, mencegah seseorang untuk tidak menggunakan tehnologi sama dengan menggarami laut yang artinya melakukan pekerjaan yang sia-sia. 
Tehnologi tidak bisa lagi di hambat perkembanganya.  Dampaka negatif yang ditimbulkan sangatlah banyak.  Masing-masing pihak harus memiliki cara untuk menekan dampak negatif yang terjadi.


Dampak Yang ditimbulkan oleh Gadget

Dampak negatif yang terjadi akibat penyalahgunaan gadget di area sekolah antara lain :
§  menjadikan peserta didik tidak fokus dalam belajar
§  melakukan kecurangan saat pelaksanaan pembelajaran
§  penggunaan gadget bukan untuk fungsi belajar
§  kecanduan game
§  sikap individualisme
§  kebutuhan gerak usia pertumbuhan tidak bisa berjalan dengan baik karena cenderung hanya duduk diam di depan layar laptop atau Hp
Hal inilah yang menyebabkan sekolah mulai pembatasan dalam penggunaan gadget.  Untuk sekolah yang memiliki fasilitas yang memadai memilih untuk memberikan fasilitas komputer disekolah dengan jaringan internet yang cukup baik.  Sehingga pelarangan membawa Hp disekolah tentu saja tidak menghambat penggunaan tehnologi dalam pembelajaran.  Siswa bisa tetap belajar menggunakan piranti lunak tanpa ketakutan kalau peserta didik melakukan hal-hal yang kurang baik.  Siswa bisa searching, browsing dan explore banyak hal melalui tehnologi.  Proses belajar dan mengajar jadi lebih lancar dan lebih efisien.  Peserta didik mulai menjadi subyek pembelajaran bukan lagi sebagai obyek.  Guru bertugas mengarahkan metode pembelajaran tanpa kehilangan tugasnya sebagai pengajar dan pendidik
Dampak negatif yang terjadi akibat penyalahgunaan gadget di rumah antara lain :
ü anak menghabiskan waktu untuk bermain game
ü hubungan dengan keluarga renggang
ü individualisme
ü tidak terlalu mau berinteraksi dengan orang lain
ü tidak mau belajar di rumah
Jika penyalahgunaan  hp dibiarkan terus menerus maka dampak negatif yang ditimbulkan akan semakin banyak.  Apalagi efek domino dari penyalahgunaan hp ini sangat berbahaya.
Banyak kasus pelanggaran yang dilakukan anak-anak usia remaja di akibatkan oleh pengaruh gadget.  Pelanggaran-pelanggaran yang terjadi bukan hanya pelanggaran ringan tapi pelanggaran berat juga.
Untuk menyikapi hal tersebut kesiapan orang tua menghadapi generasi digital harus siap.  Kebanyakan orang tua masih melakukan pengajaran dengan model yang lama.  Mereka tidak menyadari bahwa generasi sekarang jauh berbeda dengan generasi masa terdahulu.  Semuanya serba instan dan anak-anak mudah menyerah karena tidak terlatih dengan kesulitan.  Anak disuguhi kemudahan-kemudahan yang pada akhirnya jika menemukan kesulitan maka lebih mudah putus asa. 
Peran orang tua dalam penggunaan tehnologi sangatlah penting.  Peraturan yang dibuat keluarga bisa fleksibel tetapi harus konsisten.  Sehingga anak-anak tetap bisa menggunakan gadget dengan arahan yang benar.


CARA MENGATASI PENYALAHGUNAAN PENGGUNAAN GADGET
Disekolah untuk menghambat dampak negatif yang terjadi akibat penggunaan Hp adalah sebagai berikut :
ü pembatasan jaringan internet dengan menutup sosial media dan situs yang tidak berhubungan dengan pembelajaran
ü memberikan tugas sesuai materi dengan
ü Guru pengajar selalu memastikan siswa kerja denganbaik
ü Guru menguasai tehnologi yang sedang digunakan
Dengan pembatasan yang baik tentu saja penyalahgunaan penggunaan gadget bisa diatasi di sekolah.
Di rumah juga perlu adanya pembatasan=pembatasan untuk anak-anak di rumah sehingga perkembangan anak bisa normal.

Diatas semuanya itu yang perlu disiapkan mentalnya bukan hanya anak-anak atau peserta didik tetapi juga guru dan orang tua sehingga semua berjalan serasi.  Guru harus siap dengan banyak aplikasi yang ada di tehnologi untuk pembelajaran dengan tetap menanamkan nilai-nilai hidup benar.  Sedangkan orang tua juga harus belajar situasi dan kondisi anak sesuai dengan usianya. 
Orang tua harus juga menguasai tehnologi supaya bisa mengantisipasi jika ada penyalahgunaan Hp yang dilakukan oleh anak.  Kedekatan gru dan orang tua juga sangat pening sehingga anak tidak kehilangan kontrol dalam menguasai tehnologi.  Yang terpenting adalah menjaga hubungan dengan baik dan konsistensi.  Pebuatan peraturan dan pelarangan penggunaan Hp bukan untuk menghindarkan anak jauh dari tehnologi tetapi untuk menjaga supaya anak bisa menguasai tehnologi bukan dikuasai tehnologi.  Mempersedikit dampak negatif akibat penyalahgunaan gadget dengan tetap memperhatikan konteun yang dilihat anak serta pendampingan yang benar ketika anak beraktivitas dengan gadget yang dimilikinya.  Bentuk perhatian yang baik akan di respon anak baik pula dan konsistensi peraturan penggunaan Hp juga perlu dijaga sehingga anak bisa memiliki kepercayaan yang baik terhadap guru dan orang tua.

GADGET ADALAH SARANA BUAT BELAJAR BUKAN PERANGKAT YANG BERBAHAYA

Berbahaya....?? tidak lagi, Gadget seharusnya bisa menjadi teman yang aman bagi anak-anak atau peserta didik.
GADGET IS MY FRIEND
Ketika penggunaan gadget dilakukan dengan benar kita akan mendapatkan banyak keajaiban dunia.  Pengetahuan yang amat luas bisa kita dapatkan dan kemudahan demi kemudahan juga bisa peroleh....
Semua data untuk pembelajaran ada dan tersedia yang dengan mudah di akses.  Applikasi untuk menunjang pembelajaran juga banyak.  Hanya perlu pengetahuan untuk menguasai tehnologi yang diperlukan.  Untik bisa mengetahui juga tidak harus sekolah tinggi karena tutorial  penggunaan suau applikasi juga sudah banyak tersedia.

MENGAPA PERLU GADGET ??
Desakan jaman....situasi negara yang tidak stabil dikarenakan Pandemik CONVID-19 saat ini mengharuskan semua orang melakukan SOCIAL DISTANCE.  Interaksi untuk pembelajaran mulai di setting secara online .  Pertemuan antar guru dan siswa ada di dunia maya.
Gadget menjadi salah satu alternatif yang digunakan untuk proses pembelajaran.....
Aplikasi yang digunakan juga beragam disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan siswa dan guru.
Yang harus disiapkan adalah.... kesiapan siswa, guru dan orang tua juga.  Mengapa orang tua dilibatkan ? karena untuk mempersiapkan kebutuhan perangkat gadget yang akan di gunakan siswa dan pantauan siswa supaya anak-anak belajar di rumah dengan baik.

"STOP MENYALAHKAN GADGET, GUNAKAN GADGET DENGAN BIJAK DAN BERKARYALAH, TEMUKAN KEAJAIBAN DUNIA MELALUI GADGETMU "


PERSIAPAN UJIAN KELAS 9
Semua sudah diupayakan menggunakan on line, sehingga untuk membantu siswa belajar dan berlatih soal-soal Ujin sekolah bisa memanfaatkan tehnologi.
Untuk menyiapkan ujian PPKn digunakan google form, applikasi yang dimiliki oleh google untuk mempermudah pembelajaran.

Link yang harus di buka sebagai berikut:


Jika ada pertanyaan terkait penggunaan applikasi atau try out , silahkan tulis di kolom komentar ya.  Tulisnya 1 kali saja jangan berulang-ulang .











Comments

  1. Tolong tanya untuk nomor 7 pada lembar soal, apakah benar soal tersebut kurang lengkap? Karena pada soal ditanyakan makna kedaulatan tanpa ditulis jenis kedaulatan apa yang ditanyakan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Kedaulatan pada umumnya yang dimiliki oleh suatu negara. Selamat belajar

    ReplyDelete
  3. Hahaha.... Absen diterima Dea...

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Okey Peter....yuk dikerjakan smua tugas dg on time ya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA