SERI KONSELING BAGIAN KE 3 "GADGET IS MY FRIEND"
GADGET IS MY FRIEND
Gadget berbahayakah.....???
No gadget....No Hp....No Game....!!
Di banyak sekolah masih
mengeluarkan peraturan yang berisi larangan menggunakan gawai di area
sekolah. Tidak hanya di sekolah di rumah
pun banyak keluarga dengan cara yang keras melarang anaknya untuk menggunakan
gadget. Peraturan tersebut dijalankan
karena memang ada banyak kelemahannya jika menggunakan Gawai.
Perkembangan tehnologi sudah
begitu pesatnya, mencegah seseorang untuk tidak menggunakan tehnologi sama
dengan menggarami laut yang artinya
melakukan pekerjaan yang sia-sia.
Tehnologi tidak bisa lagi di
hambat perkembanganya. Dampaka negatif
yang ditimbulkan sangatlah banyak.
Masing-masing pihak harus memiliki cara untuk menekan dampak negatif
yang terjadi.
Dampak Yang ditimbulkan oleh Gadget
Dampak negatif yang terjadi akibat
penyalahgunaan gadget di area sekolah antara lain :
§ menjadikan peserta didik tidak fokus dalam
belajar
§
melakukan
kecurangan saat pelaksanaan pembelajaran
§
penggunaan
gadget bukan untuk fungsi belajar
§
kecanduan
game
§
sikap
individualisme
§ kebutuhan gerak usia pertumbuhan tidak
bisa berjalan dengan baik karena cenderung hanya duduk diam di depan layar
laptop atau Hp
Hal inilah yang menyebabkan
sekolah mulai pembatasan dalam penggunaan gadget. Untuk sekolah yang memiliki fasilitas yang
memadai memilih untuk memberikan fasilitas komputer disekolah dengan jaringan
internet yang cukup baik. Sehingga
pelarangan membawa Hp disekolah tentu saja tidak menghambat penggunaan
tehnologi dalam pembelajaran. Siswa bisa
tetap belajar menggunakan piranti lunak tanpa ketakutan kalau peserta didik
melakukan hal-hal yang kurang baik.
Siswa bisa searching, browsing
dan explore banyak hal melalui
tehnologi. Proses belajar dan mengajar
jadi lebih lancar dan lebih efisien.
Peserta didik mulai menjadi subyek pembelajaran bukan lagi sebagai
obyek. Guru bertugas mengarahkan metode
pembelajaran tanpa kehilangan tugasnya sebagai pengajar dan pendidik
Dampak negatif yang terjadi akibat
penyalahgunaan gadget di rumah antara lain :
ü anak menghabiskan waktu untuk bermain game
ü
hubungan
dengan keluarga renggang
ü
individualisme
ü
tidak
terlalu mau berinteraksi dengan orang lain
ü tidak mau belajar di rumah
Jika penyalahgunaan hp dibiarkan terus menerus maka dampak negatif
yang ditimbulkan akan semakin banyak.
Apalagi efek domino dari penyalahgunaan hp ini sangat berbahaya.
Banyak kasus pelanggaran
yang dilakukan anak-anak usia remaja di akibatkan oleh pengaruh gadget. Pelanggaran-pelanggaran yang terjadi bukan
hanya pelanggaran ringan tapi pelanggaran berat juga.
Untuk menyikapi hal tersebut
kesiapan orang tua menghadapi generasi digital harus siap. Kebanyakan orang tua masih melakukan
pengajaran dengan model yang lama.
Mereka tidak menyadari bahwa generasi sekarang jauh berbeda dengan generasi
masa terdahulu. Semuanya serba instan
dan anak-anak mudah menyerah karena tidak terlatih dengan kesulitan. Anak disuguhi kemudahan-kemudahan yang pada
akhirnya jika menemukan kesulitan maka lebih mudah putus asa.
Peran orang tua dalam
penggunaan tehnologi sangatlah penting.
Peraturan yang dibuat keluarga bisa fleksibel tetapi harus
konsisten. Sehingga anak-anak tetap bisa
menggunakan gadget dengan arahan yang benar.
CARA MENGATASI PENYALAHGUNAAN PENGGUNAAN GADGET
Disekolah untuk menghambat
dampak negatif yang terjadi akibat penggunaan Hp adalah sebagai berikut :
ü pembatasan jaringan internet dengan
menutup sosial media dan situs yang tidak berhubungan dengan pembelajaran
ü
memberikan
tugas sesuai materi dengan
ü
Guru
pengajar selalu memastikan siswa kerja denganbaik
ü Guru menguasai tehnologi yang sedang
digunakan
Dengan pembatasan yang baik
tentu saja penyalahgunaan penggunaan gadget bisa diatasi di sekolah.
Di rumah juga perlu adanya
pembatasan=pembatasan untuk anak-anak di rumah sehingga perkembangan anak bisa
normal.
Diatas semuanya itu yang
perlu disiapkan mentalnya bukan hanya anak-anak atau peserta didik tetapi juga
guru dan orang tua sehingga semua berjalan serasi. Guru harus siap dengan banyak aplikasi yang
ada di tehnologi untuk pembelajaran dengan tetap menanamkan nilai-nilai hidup
benar. Sedangkan orang tua juga harus belajar
situasi dan kondisi anak sesuai dengan usianya.
Orang tua harus juga
menguasai tehnologi supaya bisa mengantisipasi jika ada penyalahgunaan Hp yang
dilakukan oleh anak. Kedekatan gru dan
orang tua juga sangat pening sehingga anak tidak kehilangan kontrol dalam menguasai
tehnologi. Yang terpenting adalah
menjaga hubungan dengan baik dan konsistensi.
Pebuatan peraturan dan pelarangan penggunaan Hp bukan untuk
menghindarkan anak jauh dari tehnologi tetapi untuk menjaga supaya anak bisa
menguasai tehnologi bukan dikuasai tehnologi.
Mempersedikit dampak negatif akibat penyalahgunaan gadget dengan tetap
memperhatikan konteun yang dilihat anak serta pendampingan yang benar ketika
anak beraktivitas dengan gadget yang dimilikinya. Bentuk perhatian yang baik akan di respon
anak baik pula dan konsistensi peraturan penggunaan Hp juga perlu dijaga
sehingga anak bisa memiliki kepercayaan yang baik terhadap guru dan orang tua.
GADGET ADALAH SARANA BUAT BELAJAR BUKAN PERANGKAT YANG BERBAHAYA
Berbahaya....?? tidak lagi, Gadget
seharusnya bisa menjadi teman yang aman bagi anak-anak atau peserta didik.
GADGET
IS MY FRIEND
Ketika penggunaan gadget dilakukan
dengan benar kita akan mendapatkan banyak keajaiban dunia. Pengetahuan yang amat luas bisa kita dapatkan
dan kemudahan demi kemudahan juga bisa peroleh....
Semua data untuk pembelajaran ada dan
tersedia yang dengan mudah di akses.
Applikasi untuk menunjang pembelajaran juga banyak. Hanya perlu pengetahuan untuk menguasai
tehnologi yang diperlukan. Untik bisa
mengetahui juga tidak harus sekolah tinggi karena tutorial penggunaan suau applikasi juga sudah banyak
tersedia.
MENGAPA
PERLU GADGET ??
Desakan jaman....situasi negara yang
tidak stabil dikarenakan Pandemik CONVID-19 saat ini mengharuskan semua orang
melakukan SOCIAL DISTANCE. Interaksi untuk
pembelajaran mulai di setting secara online .
Pertemuan antar guru dan siswa ada di dunia maya.
Gadget menjadi salah satu alternatif
yang digunakan untuk proses pembelajaran.....
Aplikasi yang digunakan juga beragam
disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan siswa dan guru.
Yang harus disiapkan adalah.... kesiapan
siswa, guru dan orang tua juga. Mengapa
orang tua dilibatkan ? karena untuk mempersiapkan kebutuhan perangkat gadget
yang akan di gunakan siswa dan pantauan siswa supaya anak-anak belajar di rumah
dengan baik.
PERSIAPAN
UJIAN KELAS 9
Semua sudah diupayakan menggunakan on
line, sehingga untuk membantu siswa belajar dan berlatih soal-soal Ujin sekolah
bisa memanfaatkan tehnologi.
Untuk menyiapkan ujian PPKn digunakan
google form, applikasi yang dimiliki oleh google untuk mempermudah
pembelajaran.
Link yang harus di buka sebagai berikut:
Jika ada pertanyaan terkait penggunaan
applikasi atau try out , silahkan tulis di kolom komentar ya. Tulisnya 1 kali saja jangan berulang-ulang .
Tolong tanya untuk nomor 7 pada lembar soal, apakah benar soal tersebut kurang lengkap? Karena pada soal ditanyakan makna kedaulatan tanpa ditulis jenis kedaulatan apa yang ditanyakan. Terima kasih.
ReplyDeleteKedaulatan pada umumnya yang dimiliki oleh suatu negara. Selamat belajar
ReplyDeleteterimakasih miss Endah
ReplyDeletewow okay putri ....thank U
Deleteterimakasih miss Endah
ReplyDeleteThank You Putri... U r the best..
DeleteAbsen Dea
ReplyDeleteHahaha.... Absen diterima Dea...
ReplyDeleteMs saya absen peter ms
ReplyDeleteOkey Peter....yuk dikerjakan smua tugas dg on time ya
Delete