BELAJAR DENGAN CARA KREATIF SERI :PKKn Menyenangkan lohh...!! PEMUDA PENENTU MASA DEPAN INDONESIA


A. Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia

1. Sejarah perumusan Sumpah Pemuda

Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda


Kongres Pemuda II dilaksanakan tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda tiong hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie.
Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.
Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Dalam sambutannya, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.
Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, berpendapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.
Pada rapat penutup, di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Sunario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.
Adapun panitia Kongres Pemuda terdiri dari :
Ketua : Soegondo Djojopoespito (PPPI)
Wakil Ketua : R.M. Djoko Marsaid (Jong Java)
Sekretaris : Mohammad Jamin (Jong Sumateranen Bond)
Bendahara : Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond)
Pembantu I : Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond)
Pembantu II : R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia)
Pembantu III : Senduk (Jong Celebes)
Pembantu IV : Johanes Leimena (yong Ambon)
Pembantu V : Rochjani Soe’oed (Pemoeda Kaoem Betawi)
Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin
Isi Dari Sumpah Pemuda Hasil Kongres Pemuda Kedua adalah sebagai berikut :
PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).
KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).
KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).
Dalam peristiwa sumpah pemuda yang bersejarah tersebut diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman. Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa lagu itu adalah lagu kebangsaan. Lagu itu sempat dilarang oleh pemerintah kolonial hindia belanda, namun para pemuda tetap terus menyanyikannya.
2. Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda

Tinta sejarah bangsa Indonesia tidak pernah kering untuk menuliskan peran kaum muda dalam setiap momentum perjuangan kebangsaan. Nama-nama pemuda seperti Soekarno, Mohammad Natsir, Tan Malaka, Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir telah menggoreskan sejarah negeri ini dengan tinta kehormatan dan pena kemuliaan. Pemikiran, gagasan, pengorbanan dan aksi politik para pendiri bangsa tersebut telah membawa bangsa Indonesia pada sebuah deklarasi bahwa mulai saat ini biarkan kami menentukan nasib negeri kami sendiri. Ya, perjuangan mereka semenjak usia mudanya telah berhasil membawa bangsa ini ke gerbang proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
Usia muda adalah masa-masa yang dinamis, penuh kekuatan dan bertahtakan kemauan keras. Inilah masa di mana semangat seserorang menyala-nyala. Karakteristik pemuda seperti itu menempatkan pemuda pada kedudukan sebagai kekuatan perubahan, sehingga sangatlah wajar jika setiap momentum perubahan perjalanan sejarah bangsa Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran para kaum muda. Ini dapat kita gambarkan dari fase-fase sejarah bangsa Indonesia sebagai berikut :
– Fase pertama : 20 Mei 1908 disebut Angkatan Perintis
– Fase kedua : 28 Oktober 1928 disebut Angkatan Penegas
– Fase ketiga : 17 Agustus 1945 disebut Angkatan Pendobrak
– Fase keempat : …. Januari 1966 disebut Angkatan Penerus
– Fase kelima : 20 Mei 1998 disebut Angkatan Reformasi

Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda . Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita. Yang kemudian dibungkus dengan komitmen untuk senasib sepenangungan sebagai satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa, yaitu Indonesia.
3. Makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia

Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Seperti kita telah ketahui, ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Tiga hal ini merupakan faktor penting bagi negara kita.
Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.
Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan bersamasama.
Perlu kita ketahui, Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak hal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tidak akan bisa membuat Indonesia merdeka jika berjuang di kelompok sendiri.
Kegagalan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membuat mereka sadar bahwa rasa nasionalisme harus dipadukan. Karena itu, diadakanlah Kongres Pemuda I dan II. Mereka menjadi satu, menjadi “Pemuda Indonesia”.
Bertolak belakang semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa.
B. Semangat kekeluargaan dan gotong royong sebagai bentuk kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

1. Kekeluargaan sebagai pola hidup dalam mayarakat Indonesia

a. Pengertian kekeluargaan
Kekeluargaan berasal dari kata keluarga yang mendapat awalan ke- dan akhiran -an. Keluarga sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, kula artinya saya dan warga yang artinya orang disekitar kita. Keluarga memiliki makna orang yang masih sealiran darah dengan kita.
Keluarga adalah satu unit sosial yang terdiri dari dua atau lebih orang yang dihubungkan oleh ikatan darah, ikatan perkawinan, atau adopsi dan hidup/tinggal serumah atau mungkin tidak serumah.
Sikap kekeluargaan memiliki makna sebagai perilaku yang menunjukkan sebuah manifestasi yang cenderung didasarasi rasa familiar yang tinggi dengan wujud responsible yang mempertimbangkan hubungan keakraban sebagai kedekatan keluarga kepada orang lain, sehingga dengan manifestasi tingkah lakunya ini menimbulkan keakraban rasa dekat seperti layaknya keluarga yang memiliki hubungan darah.
b. Nilai-nilai kekeluargaan dalam masyarakat Indonesia
Nilai-nilai kekeluargaan yang harus kita jaga, kita pelihara, kita lestarikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara antara lain : nilai cinta dan kasih sayang, saling mencintai dan menyayangi, saling mengasihi dan melindungi kebersamaan dan kesamaan, persatuan dan kesatuan, serta rasa tanggungjawab.
c. Arti penting nilai kekeluargaan bagi masyarakat Indonesia
Prinsip kekeluargaan dan kegotongroyongan dalam tata kehidupan ekonomi adalah prinsip kehidupan ekonomi berdasarkan azas kerjasama atau usaha bersama. Hal ini berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil (adil dalam kemakmuran dalam bidang ekonomi, prinsip kegotongroyongan dan kekeluargaan

2. Dinamika gotong royong dalam masyarakat Indonesia
a. Pengertian gotong royong
Gotong royong merupakan suatu istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Bersama-sama dengan musyawarah, Pancasila, hukum adat, ketuhanan, dan kekeluargaan, gotong royong menjadi dasar Filsafat Indonesia seperti yang dikemukakan oleh M. Nasroen.
Sikap gotong royong adalah bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan secara bersama-sama menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. Atau suatu usaha atau pekerjaan yang dilakukan tanpa pamrih dan secara sukarela oleh semua warga menurut batas kemampuannya masing-masing.
b. Arti penting gotong royong bagi masyarakat Indonesia
a. bahwa manusia tidak hidup sendiri melainkan hidup bersama dengan orang lain atau lingkungan sosial;
b. pada dasarnya manusia itu tergantung pada manusia lainnya;
c. manusia perlu menjaga hubungan baik dengan sesamanya; dan
d. manusia perlu menyesuaikan dirinya dengan anggota masyarakat yang lain.



c. Bentuk-bentuk gotong royong dalam masyarakat Indonesia
Sifat gotong royong dan kekeluargaan di daerah pedesaan lebih menonjol dalam pola kehidupan mereka, seperti memperbaiki dan membersihkan jalan, atau membangun/memperbaiki rumah. Sedangkan di daerah perkotaan gotong royong dapat dijumpai dalam kegiatan kerja bakti di RT/RW, di sekolah dan bahkan di kantor-kantor, misalnya pada saat memperingati hari-hari besar nasional dan keagamaan, mereka bekerja tanpa imbalan jasa, karena demi kepentingan bersama. Dari sini timbullah rasa kebersamaan, kekeluargaan, tolong menolong sehingga dapat terbina rasa kesatuan dan persatuan Nasional.

Diera modernisasi dan globalisasi, budaya gotong royong antar warga, baik dipedesaan maupun diperkotaan sudah mulai luntur, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
– Sikap individulistis, yaitu sikap mementingkan diri sendiri dan tidak memahami kepentingan bersama
– Sikap egois, yaitu sikap selalu ingin menang sendiri dan menyalahkan orang lain, sikap ‘keakuan’, ‘aing-aingan’, ‘ananiyah’
– Sikap materialistis, yaitu sikap yang menilai segala sesuatu diukur dengan uang (materi)
– Sikap praktis dan instan, yaitu pola hidup di masyarakat yang menghendaki segala sesuatu secara mudah dan cepat (praktis dan instan).
– Masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya Indonesia
d. Manfaat gotong royong bagi masyarakat Indonesia
a. Memperingan,mempermudah, mempercepat suatu pekerjaan
b. Mempererat rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan
c. Memperkuat silaturahim, persamaan dan kesamaan
d. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat

Daftar Pustaka

EVALUASI PKN KELAS 8

1.  Sebagai siswa yang taat pada aturan apa yang akan kalian lakukan jika ada temanmu sedang merencanakan tawuran dengan siswa sekolah lain !
2. Apa nilai-nilai yang kalian ambil dari peristiwa Sumpah Pemuda dan kegiatan apa yang bisa dilakukan sebagai wujud bahwa pemuda Indonesia adalah pemuda yang mau berjuang !
3.  Apabila kalian diberi kesempatan hadir di acara besar yang dihadiri oleh banak pemuda dari mancanaegara dan diberi kesempatan berbicara tentang negara Indonesia  apa saja yang akan kalian sampaikan pada masyarakat dunia yang menunjukkan kebanggaanmu terhadap negara NKRI  !
4.   Sebagai generasi pemuda dan generasi penerus bangsa, apa yang akan kalian lakukan ketika kamu mengetahui bahwa sahabatmu adalah salah seoang pengedar obat terlarang !
5.  Berikan pendapatmu tentang para pemuda Indonesia yang telah mendapatkan banyak penghargaan atas prestasinya dalam kompetisi dunia !
6. Apakah yang akan terjadi jika para pemuda Indonesia sudah tidak peduli lagi dengan kondisi yang sedang terjadi dalam negara ?
7. Masyarakat dilingkungan mu ternyata banyak sekali anak muda yang suka minum minuman keras dan berjudi.   Upaya apa yang akan kalian lakukan ketika melihat kondisi tersebut !


Comments

  1. Earl Oswald P
    8A
    1. Saya akan melapor kepada pihak yqng berwenang disekolah seperti kepala sekolah lalu saya juga akan melapor perencanaannya kepada orang tua, jika sudah mencapai geng atau pengatasnamakan sekolah atau penggunaan senjata tajam maka saya juga berhak melapor kepada pihak berwajib seperti polisi.
    2. Nilai-nilai:
    - Tekad
    - Kerja keras
    - Perjuangan
    - Cinta Indonesia
    Kegiatan yang dapat dilakukan adalah nelakukan segala pekerjaan yang diberikan dengan ketaatan dan oenuh akab tanggung jawab dan pantang menyerah dan melakukannya sampai selesai.
    3. Bahwa NKRI ini bukan pemberian melainkan perjuangan para pejuang terdahulu yang telah rela memberikan nyawanya untuk menuju Indonesia yang merdeka, dan juga NKRI ini dapat bisa menjadi seperti sekarang dikarenakan oleh perjuangan yang besar dan bukan sembarangan perjuangan dan juga karena pemuda yang mau berjuang akan kebenaran.
    4. Saya akan melaporkannya kepada pihak berwenang karena ia merupakan pelaku kriminal sehingga bisa ditindak lanjuti di sidang dan dikenakan hukuman, tapi saya juga tidak akan lupa mendoakan sehingga ia dapat bertobat dan menjadi pejuang saat masa tahanannya selesai.
    5. Saya sungguh bangga pada mereka, bahwa mereka telah menunjukan bahwa Indonesia ini bukanlah negara yang terbelakang dan bodoh melainkan negara yang maju dan pintar, dan saya juga berharap bahwa saya dan para pemuda lainnya juga daoat membanggakan Indonesia dengan lomba, inventions dan apapun itu yang dapat memajukan Indonesia.
    6. Pemuda merupakan pondasi yangbpaling dasar yang akan memerintah Indonesia pada masa yang akan datang, jika para pemuda tidak peduli maka Indonesia ini akan keos dan bisa bisa hancur karena pemudanya hancur semua, sehingga kita para pemuda Indonesiq harus peduli bahwa negara kita sendiri dengam membela yang benar dan membanggakan Indonesia dan melakukan segala sesuatu dengan benar, baik dan mengikuti asas hukum.
    7. Berdoa terlebih dahulu supaya mereka berubah dan juga mengalhkan tindakan negativ tersebut dengan tindakan positiv seperti gotong royong dan ronda malam, dan saya juga akan mengajari mereka bagaimana menghilabgkan sifat tidak baik tersebut, tetapi jika judi atau minuman keras tersebut sangan parah atau makin parah maka saya berwajib lapor kepihak berwajib.

    ReplyDelete
  2. Earl Oswald P
    8A
    1. Saya akan melapor kepada pihak yqng berwenang disekolah seperti kepala sekolah lalu saya juga akan melapor perencanaannya kepada orang tua, jika sudah mencapai geng atau pengatasnamakan sekolah atau penggunaan senjata tajam maka saya juga berhak melapor kepada pihak berwajib seperti polisi.
    2. Nilai-nilai:
    - Tekad
    - Kerja keras
    - Perjuangan
    - Cinta Indonesia
    Kegiatan yang dapat dilakukan adalah nelakukan segala pekerjaan yang diberikan dengan ketaatan dan oenuh akab tanggung jawab dan pantang menyerah dan melakukannya sampai selesai.
    3. Bahwa NKRI ini bukan pemberian melainkan perjuangan para pejuang terdahulu yang telah rela memberikan nyawanya untuk menuju Indonesia yang merdeka, dan juga NKRI ini dapat bisa menjadi seperti sekarang dikarenakan oleh perjuangan yang besar dan bukan sembarangan perjuangan dan juga karena pemuda yang mau berjuang akan kebenaran.
    4. Saya akan melaporkannya kepada pihak berwenang karena ia merupakan pelaku kriminal sehingga bisa ditindak lanjuti di sidang dan dikenakan hukuman, tapi saya juga tidak akan lupa mendoakan sehingga ia dapat bertobat dan menjadi pejuang saat masa tahanannya selesai.
    5. Saya sungguh bangga pada mereka, bahwa mereka telah menunjukan bahwa Indonesia ini bukanlah negara yang terbelakang dan bodoh melainkan negara yang maju dan pintar, dan saya juga berharap bahwa saya dan para pemuda lainnya juga daoat membanggakan Indonesia dengan lomba, inventions dan apapun itu yang dapat memajukan Indonesia.
    6. Pemuda merupakan pondasi yangbpaling dasar yang akan memerintah Indonesia pada masa yang akan datang, jika para pemuda tidak peduli maka Indonesia ini akan keos dan bisa bisa hancur karena pemudanya hancur semua, sehingga kita para pemuda Indonesiq harus peduli bahwa negara kita sendiri dengam membela yang benar dan membanggakan Indonesia dan melakukan segala sesuatu dengan benar, baik dan mengikuti asas hukum.
    7. Berdoa terlebih dahulu supaya mereka berubah dan juga mengalhkan tindakan negativ tersebut dengan tindakan positiv seperti gotong royong dan ronda malam, dan saya juga akan mengajari mereka bagaimana menghilabgkan sifat tidak baik tersebut, tetapi jika judi atau minuman keras tersebut sangan parah atau makin parah maka saya berwajib lapor kepihak berwajib.

    ReplyDelete
  3. Samuel zello
    1.Yang saya lakukan pertama adalah mengatahui apa masalah dari sekolah saya dan sekolah lain lalu membicarakan kepada teman teman saya secara kekeluargaan. Jika hal tersebut tidak berhasil saya akan melaporkan hal tersebut pada guru/ pihak yang berwajib
    2. Nilai yang diambil:
    - kerja keras
    -semangat
    -pantang menyerah
    -kekeluargaan
    -persatuan
    3.NKRI adalah negara yang indah dan kaya akan sumber daya alamnya, keragaman yang tidak membuat NKRI terpecah belah, justru menjadi sebuah keharmonisan tersendiri.juga masyarakatnya yang peduli pada sesama dan rasa kekeluargaan yang tinggi membuat NKRI menjadi negara yang indah.
    4. Pertama saya akan mencari tahu dari mana dia mendapatkan barang tersebut. Lalu, saya akan mencari tahu apa alasan dia mengedarkan barang tersebut. Jika masalah itu sudah selesai saya tetap akan melaporkanya karena hal itu adalah tindak kejahatan.
    5.saya bangga terhadap mereka, karena mereka telah berjuang keras untuk bengsanya. Juga mengikuti sikap dan perjuangan mereka untuk ambil bagian dalam mengharumkan indonesia
    6.yang terjadi adalah indonesia akan hancur, karena generasi muda adalah penerus bangsa. Jika mereka sudah tidak peduli pada kondisi bangsanya, indonesia bisa hancur.
    7.yang saya lakukan adalah mencoba mengalihkan kegiatan tersebut dengan kegiatan lain seperti bersepeda ke taman atau pergi ke tempat yang lebih bermanfaat

    ReplyDelete
  4. 1.Saya akan menasihati teman saya, saya akan melaporkan kepada pihak sekolah dan saya akan mencoba untuk menghentikan tawuran tersebut.

    2. 1.cinta bangsa Dan tanah air
    2.persatuan
    3.sikap rela berkorban
    4.mengutamakan kepentingan bangsa
    5.Dapat menerima Dan menghargai perbedaan
    6.semangat persaudaraan
    7.meningkatkan semangat gotong royong Dan kerja sama.

    -Bergotong royong dengan tetangga
    -menghormati satu sama lain
    -mencintai tanah air

    3.Saya akan menceritakan seberapa banyak pulau,budaya,bahasa,dll di Indonesia.

    4.Saya akan menasihati dan menegurnya, karena narkoba itu tidak baik bagi kesehatan. Saya juga akan memberikan dampak-dampak negatif mengonsumsi narkoba.

    5.Mendapat penghargaan adalah salah satu hal yang membanggakan, pemuda-pemuda harusnya lebih bersyukur terhadap penghargaan tersebut. Pemuda-pemuda yang lain juga harus bersemangat dalam mendapatkan prestasi tersebut.

    6.Indonesia akan menjadi negara yang tidak maju, karena seiring berkembangnya jaman, pasti akan semakin banyak tantangan bagi dunia, seperti teknologi yang sangat maju.

    7.Saya akan melaporkan ke polisi, karena itu adalah suatu perbuatan yang tidak baik, saya juga akan menasihati mereka supaya tidak melakukannya lagi.

    ReplyDelete
  5. Grace Sutantono
    1. Saya akan menegur siswa tersebut. Apabila siswa tersebut mengabaikan teguran saya, maka saya akan melaporkan siswa tersebut pada pihak yang berwenang.
    2. Nilai-nilai yang dapat diambil adalah:
    - Cinta Tanah Air
    - Mau berjuang
    - Kerjasama
    - Pantang menyerah
    - Rasa kekeluargaan
    - Semangat patrotisme
    Kegiatan yang dapat kita lakukan adalah dengan melanjutkan perjuangan pemuda zaman dulu dengan rajin belajar, sehingga dapat memajukan bangsa.
    3. Saya akan menceritakan tentang sikap rakyat Indonesia terhadap orang di sekitarnya. Saya akan menceritakan tentang Indonesia yang terkenal dengan keramahannya. Saya juga akan menceritakan tentang keindahan alam di Indonesia.
    4. Saya akan menegurnya. Apabila teguran saya diabaikan, maka saya akan melaporkan sahabat saya ke pihak yang berwajib.
    5. Saya sangat bangga dengan prestasi yang mereka canangkan. Mereka mau berjuang keras untuk mengharumkan bangsa Indonesia.
    6. Indonesia akan hancur karena tidak ada pemuda yang yang mau berdiri untuk bangsanya. Tidak akan ada yang meneruskan bangsa ini jika tidak pemuda yang peduli. Indonesia akan menjadi sangat sengsara.
    7. Tidak mengikuti mereka. Apabila mereka semakin menjadi, saya akan melaporkan mereka pada pihak yang berwajib.

    ReplyDelete
  6. Jeslyn Velita
    1. Yang saya lakukan adalah tidak mengikuti apa yang mereka lakukan, menegur mereka untuk tidak melakukan hal yang berbahaya,lalu jika masih berlanjut saya akan melaporkan mereka kepada para guru".
    2.- perjuangan
    -persatuan
    -cinta tanah air
    -pantang menyerah
    -semangat
    3.NKRI adalah negara yang diperoleh karena para pejuang yang telah berjuang untuk indonesia hingga mereka merelakan nyawa mereka untuk kemerdekaan indonesia. NKRI ini sangat kaya oleh sumber daya alam nya. Dan orang orang di indonesia memiliki rasa kekeluargaan yang sanagt tinggi.
    4.saya akan bertanya apa alasan nya menggunakan obat ibat terlarang itu,lalu saya akan melaporkannya keoada pihak yang berwajib agar ditindaklanjuti perbuatan yang sudah dia lakukan,dan saya akan mencoba untuk tetap menasehati nya.
    5.saya bangga atas apa yang telah mereka lakukan.karena mereka mau berjuang atas kemenangan yang du dapat oleh Indonesia dan mereka juga menunjukan bahwa Indonesia itu adalah negara yang maju bukan negara yang hanya bisa dijajah semau mereka
    6.indonesia akan susah untuk maju,karena para pemuda adalah tonggak utama berdirinya Indonesia tanpa para pemuda Indonesia tidak akan semaju ini dan jika para pemuda sudah tidak peduli lagi maka Indonesia akan dijajah dan akan hancur.
    7.saya akan menegur mereka agar mereka berhenti melakukan hal yang berbahaya bagi tubuh mereka. Lalu saya akan membuat semacam kegiatan positif untuk mereka lakukan dan kegiatan itu juga berguna untui bangsa dan negara.

    ReplyDelete
  7. Kenaz Irvin D,S
    8B
    1.Yang akan saya lakukan jika ada teman saya sedang merencanakan tawuran adalah melaporkan nya kepada orang yang memiliki wewenang disekolah itu karena percuma jika langsung dinasihati karena mereka pasti mempunyai alasan yang membuat mereka sampai ingin tawuran
    2.Nilai yang saya dapat dari peristiwa sumpah pemuda adalah:
    - Rasa cinta tanah air
    - Pantang Menyerah
    - Menghormati sesama
    Kegiatan yang bisa dilakukan pemuda Indonesia adalah melakukan berbagai tugas dengan baik dan tidak mengeluh
    3.NKRI adalah satu negara yang utuh yang diperjuangkan dengan segenap hati oleh masyarakat Indonesia.perjuangan itu tidak hanya sampai disitu saja kita sebagai generasi muda juga harus berjuang untuk memajukan negara Indonesia.
    4.Yang akan saya lakukan adalah menasihati nya dan mencoba untuk menghentikan nya selagi bisa,tetapi jika dia tidak mau mendengar yang akan saya lakukan adalah memberitahu kepada orang tua nya dan melapor ke polisi,dan mendoakan nya supaya dapat menjadi lebih baik lagi
    5.Saya bangga dengan para pemuda itu karena mereka dapat menunjukkan bahwa Indonesia bukan negara yang biasa saja.
    6.Jika para pemuda sudah tidak peduli lagi dengan kondisi negara nya maka negara itu bisa hancur atau berantakan karena para pemuda adalah orang yang akan meneruskan suatu negara jika mereka sudah tidak peduli maka negara itu akan berantakan karena tidak ada yang peduli.
    7.Yang akan saya lakukan adalah berdoa dan menasihati mereka supaya dapat meninggalkan kebiasaan minum minuman keras dan berjudi

    ReplyDelete
  8. Kenaz Irvin D,S
    8B
    1.Yang akan saya lakukan jika ada teman saya sedang merencanakan tawuran adalah melaporkan nya kepada orang yang memiliki wewenang disekolah itu karena percuma jika langsung dinasihati karena mereka pasti mempunyai alasan yang membuat mereka sampai ingin tawuran
    2.Nilai yang saya dapat dari peristiwa sumpah pemuda adalah:
    - Rasa cinta tanah air
    - Pantang Menyerah
    - Menghormati sesama
    Kegiatan yang bisa dilakukan pemuda Indonesia adalah melakukan berbagai tugas dengan baik dan tidak mengeluh
    3.NKRI adalah satu negara yang utuh yang diperjuangkan dengan segenap hati oleh masyarakat Indonesia.perjuangan itu tidak hanya sampai disitu saja kita sebagai generasi muda juga harus berjuang untuk memajukan negara Indonesia.
    4.Yang akan saya lakukan adalah menasihati nya dan mencoba untuk menghentikan nya selagi bisa,tetapi jika dia tidak mau mendengar yang akan saya lakukan adalah memberitahu kepada orang tua nya dan melapor ke polisi,dan mendoakan nya supaya dapat menjadi lebih baik lagi
    5.Saya bangga dengan para pemuda itu karena mereka dapat menunjukkan bahwa Indonesia bukan negara yang biasa saja.
    6.Jika para pemuda sudah tidak peduli lagi dengan kondisi negara nya maka negara itu bisa hancur atau berantakan karena para pemuda adalah orang yang akan meneruskan suatu negara jika mereka sudah tidak peduli maka negara itu akan berantakan karena tidak ada yang peduli.
    7.Yang akan saya lakukan adalah berdoa dan menasihati mereka supaya dapat meninggalkan kebiasaan minum minuman keras dan berjudi

    ReplyDelete
  9. Emmanuela Phoebe S.
    1.Saya akan menasihati teman saya, saya akan melaporkan kepada pihak sekolah dan saya akan mencoba untuk menghentikan tawuran tersebut.

    2. 1.cinta bangsa Dan tanah air
    2.persatuan
    3.sikap rela berkorban
    4.mengutamakan kepentingan bangsa
    5.Dapat menerima Dan menghargai perbedaan
    6.semangat persaudaraan
    7.meningkatkan semangat gotong royong Dan kerja sama.

    -Bergotong royong dengan tetangga
    -menghormati satu sama lain
    -mencintai tanah air

    3.Saya akan menceritakan seberapa banyak pulau,budaya,bahasa,dll di Indonesia.

    4.Saya akan menasihati dan menegurnya, karena narkoba itu tidak baik bagi kesehatan. Saya juga akan memberikan dampak-dampak negatif mengonsumsi narkoba.

    5.Mendapat penghargaan adalah salah satu hal yang membanggakan, pemuda-pemuda harusnya lebih bersyukur terhadap penghargaan tersebut. Pemuda-pemuda yang lain juga harus bersemangat dalam mendapatkan prestasi tersebut.

    6.Indonesia akan menjadi negara yang tidak maju, karena seiring berkembangnya jaman, pasti akan semakin banyak tantangan bagi dunia, seperti teknologi yang sangat maju.

    7.Saya akan melaporkan ke polisi, karena itu adalah suatu perbuatan yang tidak baik, saya juga akan menasihati mereka supaya tidak melakukannya lagi.

    ReplyDelete
  10. Valent 8B
    1.Saya tidak akan ikut dalam rencana tawuran tersebut, saya akan melaporkan hal tersebut kepada guru, lalu saya akan melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwenang dan melaporkan anak anak yang ikut dalam perencanaan tersebut pasa orang tuanya masing masing.
    2.nilai:
    Bangga akan negara sendiri
    Selalu berusaha/bekerja keras
    Penuh semangat
    Gotong royong/bekerja sama
    Saya harus mengurangi mengeluh ketika diberi pekerjaan, melakukan pekerjaan tersebut dengan penuh tanggung jawab dan menyelesaikan pekerjaan tersebut.
    3.NKRI ini memiliki jiwa persatuan yang sangat tinggi, NKRI mampu bertahan dari jajahan jajahan banyak negara, dan NKRI ini memiliki kemerdekaan yang tidak diberikan, namun mereka berjuang.
    4.Saya akan melaporkan orang tersebut kepada pihak berwenang seperti polisi, walaupun orang tersebut adalah sahabat saya, karena itu demi kebaikan orang tersebut dan kebaikan negara.
    5.Saya sangat bangga pada mereka, karena mereka telah membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang mampu bersaing dengan negara yang lainnya.
    6.Negara ini akan hancur, karena pemuda merupakan generasi penerus untuk memajukan negara Indonesia di masa depan.Oleh karena itu kita sebagai pemuda harus cinta dan peduli pada negara kita sendiri.
    7.Saya akan berusaha memberitahu buruk nya dari minuman keras dan berjudi dari anak mudanya terlebih dahulu, saya akan berusaha untuk mengadakan berbagai macam kegiatan positif seperti gotong royong dll. Jika meminum minuman keras dan berjudinya masih berlanjut, saya harus melaporkan hal tersebut kepada pihak berwenang.

    ReplyDelete
  11. gabriela ekklesia

    1. saya akan menegur mereka agar tidak berbuat kembali lalu saya akan memberikan contoh tauladan yang baik dengan menaati peraturan yang ada di sekolah dan tidak ikut2 tawuran.

    2. - pantang menyerah
    - kerja keras
    - semangat
    - cinta tanah air
    - kerja sama
    yang bisa kita terapkan adalah kita harus pantang menyerah dengan apa yg kita impikan karena para pahlawan2 tidak hanya berjuang sekali saja& mereka pantang menyerah. jadi meskipun kita mengalami kegagalan kita harus terus berjuang

    3. saya bangga dimana indonesia ini sudah merdeka sekarang kita harrus melanjutkan perjuangan2 para pahlawan dengan kita harus belajar dengan rajin,semakin cinta tanah air.jadi kita tidak boleh menyia-nyiakan perjuangan para pahlawan di masa lalu.

    4. saya akan melaporkannya ke pihak yang berwenang meskipun dia adalah teman saya karena apa yang dilakukannya itu salah,justru apabila saya membiarkan teman saya,saya berarti bukan teman yang baik. saya juga akan mendoakannya supaya menjadi orang yang lebih baik

    5. saya sangat bangga kepada orang-orang indonesia yang telah mendapatkan penghargaan,karena mereka bisa menunjukan bahwa indonesia itu hebat, dan bukan negara yang hanya bisa dijajah

    6. pemuda-pemuda itu adalah tonggak nya indonesia dimana para pemudda-pemuda ini ada fondasi negara ini. apabila pemuda-pemuda sudah tidak memiliki rasa peduli terhadap negara ini maka indonesia akan menjadi negara yan hancur bahkan bisa saja dijajah lagi dengan cara yang lebih modern

    7.saya akan menasehati mereka lalu apabila mereka masih melakukan hal yang sama maka saya akan melaporlan mereka kepada pihak yang berwajib,karena anak-anak muda ini adalah generasi penerus bangsa,apabila mereka rusak bagaimana jadinya nanti bangsa ini.

    ReplyDelete
  12. 1.Pertama-tama yang akan saya lakukan adalah memberi pendapat dan solusi yang lebih baik sebagai teman mereka.Tetapi jika mereka tidak berubah pikiran dan tetap ingin melakukannya maka akan saya laporkan kepada pihak sekolah yang berwenang untuk bisa mengehentikannya seperti Kepala Sekolah.
    2.Nilai-nilai yang dapat diambil adalah:
    •Pantang Menyerah
    •Cinta tanah air
    •Rela berkorban
    •Gotong Royong
    •Persatuan
    •Mau berjuang dan tidak pasrah
    Kegiatan yang bisa dilakukan sebagai pemuda Indonesia yang mau berjuang contohnya adalah belajar sekeras mungkin agar bisa mendapat nilai akademik yang bagus.
    3.Saya akan menceritakan tentang susah jerih payah yang dilalui untuk NKRI bisa berdiri saat ini.
    4.Pertama-tama akan saya dekati dan ajak dia bicara kenapa dia mengedar obat-obat terlarang tersebut dan jika ternyata karena dia ada kekurangan maka akan saya bantu dan saya doakan tetapi itu jika dia masih bisa diajak bicara tetapi jika tidak maka akan saya laporkan kepada pihak yang berwenang agak masalahnya segera diselesaikan.
    5.Bagi para pemuda Indonesia yang telah mendapat banyak penghargaan atas prestasinya dalam kompetisi dunia saya berterima kasih dan bangga atas apa yang telah mereka capai dan akan saya dukung terus.Dan para pemuda itu harus kita ambil sebagai contoh agar kita juga dapat menjai Pemuda-pemudi Indonesia yang baik dan sukses.
    6.Maka Indonesia akan hancur dan Tidak berkembang karena Pemuda-pemudilah yang adalah penerus bangsa jadi jika mereka sudah tidak peduli dengan negaranya makan masa depan negara akan hancur.
    7.Saya akan mendoakan mereka agar mereka cepat sadar bahwa yang mereka lakukan itu tidak ada benarnya dan mereka bertobat.

    ReplyDelete
  13. Jovan Natanael
    1.Saya akan mencoba menasihatinya terlebih dahulu,jika diabaikan dan tetap ingin tawuran saya akan melaporkan ke pihak yg berwenang(guru)
    2.Nilai - Nilai:
    -Pantang Menyerah
    -Semangat
    -cinta Tanah Air
    -mengutamakan Bangsa
    3.NKRI adalah Negara yg telah diperoleh dengan jerih upaya sendiri,berjuang sendiri.NKRI adalah Negara yg beragam-ragam bahasa,pulau,ras,dll,menceritakan keindahan Alam Indo.
    4.saya akan menasihatinya dhl spy membuang obat terlarangnya jika ia tetap tdk mau saya,orang tua,guru akan melaporkannya ke pihak berwenang spy ditindak lanjuti
    5.tentu saya bangga atas apa yg mereka raih dari upaya mereka sendiri dan menunjukan Bahwa bangsa rakyat Indonesia dapat meraih prestasi
    6.Indonesia akan menjadi Negara yg susah maju karena para pemuda adalah tonggak utama/pilar yg menjaga Indonesia tanpa para pemuda Indonesia akan hancur dan akan mudah di adu domba lagi.
    7.Berdoa terlebih dahulu spy masyarakat disana bertobat jika mereka mengajak saya,saya akan menasihatinya dan jika saya mulai terhasut saya akan pindah rumah dan tetap mendoakan mereka.

    ReplyDelete
  14. Chelsea Agnesta
    1. saya akan melaporkan ke kepala sekolah atau guru-guru agar ditindak lanjut dan diselesaikan dengan pihak-pihak yang bersangkutan.
    2. Nilai yang bisa diambil:
    Cinta tanah air, berani, rela berkorban, pantang menyerah.
    Kegiatan yang akan saya lakukan adalah terus belajar dalam keadaan apapun, pantang menyerah di dalam segala hal, selalu semangat dalam apapun yang saya kerjakan dan berdoa agar Tuhan selalu menyertai saya.
    3. kemerdekaan yang dimiliki NKRI adalah hasil dari perjuangan para pejuang dahulu dan tidak diberikan dengan cuma-cuma. NKRI juga salah 1 negara yang memiliki kekayaan yang berlimpah, maka dari itu kami para penerus bangsa berusaha untuk mempertahankan atau menghargai apapun yang kami miliki di NKRI ini.
    4. hal yang akan saya lakukan adalah melaporkan kepada pihak berwajib, karena jika dibiarkan pasti akan merusak generasi bangsa.
    5. Bangga kepada mereka dan menjadikan hal tersebut sebagai motivasi saya agar saya bisa seperti itu dan memakan negara Indonesia.
    6. yang akan terjadi adalah negara kita akan hancur karena tidak ada yang menjadi penerus negara Indonesia tidak akan muncul seperti negara lain.
    7. tidak mengikuti aku pun hal negatif yang mereka lakukan dan laporkan kepada pihak yang lebih berwenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Pertama-tama yang akan saya lakukan adalah memberi pendapat dan solusi yang lebih baik sebagai teman mereka.Tetapi jika mereka tidak berubah pikiran dan tetap ingin melakukannya maka akan saya laporkan kepada pihak sekolah yang berwenang untuk bisa mengehentikannya seperti Kepala Sekolah.
      2. - pantang menyerah
      - kerja keras
      - semangat
      - persatuan
      3.NKRI adalah satu negara yang utuh yang diperjuangkan dengan segenap hati oleh masyarakat Indonesia.perjuangan itu tidak hanya sampai disitu saja kita sebagai generasi muda juga harus berjuang untuk memajukan negara Indonesia.
      4.saya akan bertanya alasan dia menggunakan obat tersebut jika saya sudah mengetahuinya maka saya akan mencoba membantu dia sebisa mungkin
      5.mendapatkan penghargaan adalah sesuatu hal yang sangat pantas di banggakan.saya bangga dilahirkan di negara ini para pemuda mau berjuang untuk negaranya.
      6.saya akan Berdoa yang terbaik untuk indonesia.jika para pemuda sudah tidak peduli lagi dengan kondisi negara nya maka negara itu bisa hancur atau berantakan karena para pemuda adalah orang yang akan meneruskan suatu negara jika mereka sudah tidak peduli maka negara itu akan berantakan karena tidak ada yang peduli.
      7.saya akan melaporkan kepada pihak yang berwajib agar segera di tangani saya juga berdoa agar hal hal seperti itu akan segera hilang

      Delete
    2. Felicia jolin
      1.Pertama-tama yang akan saya lakukan adalah memberi pendapat dan solusi yang lebih baik sebagai teman mereka.Tetapi jika mereka tidak berubah pikiran dan tetap ingin melakukannya maka akan saya laporkan kepada pihak sekolah yang berwenang untuk bisa mengehentikannya seperti Kepala Sekolah.
      2. - pantang menyerah
      - kerja keras
      - semangat
      - persatuan
      3.NKRI adalah satu negara yang utuh yang diperjuangkan dengan segenap hati oleh masyarakat Indonesia.perjuangan itu tidak hanya sampai disitu saja kita sebagai generasi muda juga harus berjuang untuk memajukan negara Indonesia.
      4.saya akan bertanya alasan dia menggunakan obat tersebut jika saya sudah mengetahuinya maka saya akan mencoba membantu dia sebisa mungkin
      5.mendapatkan penghargaan adalah sesuatu hal yang sangat pantas di banggakan.saya bangga dilahirkan di negara ini para pemuda mau berjuang untuk negaranya.
      6.saya akan Berdoa yang terbaik untuk indonesia.jika para pemuda sudah tidak peduli lagi dengan kondisi negara nya maka negara itu bisa hancur atau berantakan karena para pemuda adalah orang yang akan meneruskan suatu negara jika mereka sudah tidak peduli maka negara itu akan berantakan karena tidak ada yang peduli.
      7.saya akan melaporkan kepada pihak yang berwajib agar segera di tangani saya juga berdoa agar hal hal seperti itu akan segera hilang

      Delete
  15. (NOVALDI 8)
    1. Yang saya lakukan adalah saya akan melapor kepada kepala sekolah dan juga melapor ke wali kelas.
    2.nilai nilai yang saya ambil dari sumpah pemuda adalah semagat,pantang menyerah,dan juga persatuan.
    Yang saya lakukan adalah semangat belajar dan menjaga persatuan di indonesia
    3.NKRI adalah negara yang banyak sekali pulau dan juga bahasa, NKRI juga memiliki banyak suku,adat,dan budaya yang tidak bisa di pisahkan.
    4.yang saya lakukan adalah saya akan melaporkan hal ini kepada orang tuanya agar orang tuanya dapat menghentikan perbuatan jahat.
    5.pendapat saya adalah saya kagum dan bangga karena dia telah membanggakan negara indonesia.
    6.kita sebagai penerus bangsa kita harus peduli terhadap negara yang kita cintai.
    7.upaya saya
    1) menasihati teman saya
    2) mendoakan teman saya agar tobat
    3) menjelaskan bahayanya minuman keras

    ReplyDelete
  16. Rafael Leon s
    8b
    1.Saya akan memberitahu kepada guru atau kepala sekolah atas apa yang telah direncanakan oleh siswa yang ikut serta dalam tawuran tersebut.
    2.persatuan
    Perjuangan
    Cinta Indonesia
    Semangat
    3.Saya akan menceritakan bahwa Indonesia rakyatnya itu ramah dan sopan dan juga menceritakan tentang keindahan disekitar Indonesia.
    4.saya akan menasehati sahabat saya untuk tidak menggunakan obat-obatan terlarang. Kalau sahabatku tidak melakukannya maka aku akan melaporkan kepada orang tuanya supaya orang tuanya yang mengurusnya.
    5.Saya bangga dengan anak muda di Indonesia karena mereka berjuang supaya dunia tahu bahwa Indonesia adalah negara yang pintar dan pekerja keras.
    6. Negara Indonesia akan hancur karena anak muda merupakan penerus bangsa Indonesia.
    7.saya tidak akan mengikuti apa yang mereka lakukan dan memberitahu kepada orang supaya tidak ikut-ikutan.

    ReplyDelete
  17. Rafael Leon s
    8b
    1.Saya akan memberitahu kepada guru atau kepala sekolah atas apa yang telah direncanakan oleh siswa yang ikut serta dalam tawuran tersebut.
    2.persatuan
    Perjuangan
    Cinta Indonesia
    Semangat
    3.Saya akan menceritakan bahwa Indonesia rakyatnya itu ramah dan sopan dan juga menceritakan tentang keindahan disekitar Indonesia.
    4.saya akan menasehati sahabat saya untuk tidak menggunakan obat-obatan terlarang. Kalau sahabatku tidak melakukannya maka aku akan melaporkan kepada orang tuanya supaya orang tuanya yang mengurusnya.
    5.Saya bangga dengan anak muda di Indonesia karena mereka berjuang supaya dunia tahu bahwa Indonesia adalah negara yang pintar dan pekerja keras.
    6. Negara Indonesia akan hancur karena anak muda merupakan penerus bangsa Indonesia.
    7.saya tidak akan mengikuti apa yang mereka lakukan dan memberitahu kepada orang supaya tidak ikut-ikutan.

    ReplyDelete
  18. Felicia jolin
    1.Pertama-tama yang akan saya lakukan adalah memberi pendapat dan solusi yang lebih baik sebagai teman mereka.Tetapi jika mereka tidak berubah pikiran dan tetap ingin melakukannya maka akan saya laporkan kepada pihak sekolah yang berwenang untuk bisa mengehentikannya seperti Kepala Sekolah.
    2. - pantang menyerah
    - kerja keras
    - semangat
    - persatuan
    3.NKRI adalah satu negara yang utuh yang diperjuangkan dengan segenap hati oleh masyarakat Indonesia.perjuangan itu tidak hanya sampai disitu saja kita sebagai generasi muda juga harus berjuang untuk memajukan negara Indonesia.
    4.saya akan bertanya alasan dia menggunakan obat tersebut jika saya sudah mengetahuinya maka saya akan mencoba membantu dia sebisa mungkin
    5.mendapatkan penghargaan adalah sesuatu hal yang sangat pantas di banggakan.saya bangga dilahirkan di negara ini para pemuda mau berjuang untuk negaranya.
    6.saya akan Berdoa yang terbaik untuk indonesia.jika para pemuda sudah tidak peduli lagi dengan kondisi negara nya maka negara itu bisa hancur atau berantakan karena para pemuda adalah orang yang akan meneruskan suatu negara jika mereka sudah tidak peduli maka negara itu akan berantakan karena tidak ada yang peduli.
    7.saya akan melaporkan kepada pihak yang berwajib agar segera di tangani saya juga berdoa agar hal hal seperti itu akan segera hilang

    ReplyDelete
  19. Rafael Leon s
    8b
    1.Saya akan memberitahu kepada guru atau kepala sekolah atas apa yang telah direncanakan oleh siswa yang ikut serta dalam tawuran tersebut.
    2.persatuan
    Perjuangan
    Cinta Indonesia
    Semangat
    3.Saya akan menceritakan bahwa Indonesia rakyatnya itu ramah dan sopan dan juga menceritakan tentang keindahan disekitar Indonesia.
    4.saya akan menasehati sahabat saya untuk tidak menggunakan obat-obatan terlarang. Kalau sahabatku tidak melakukannya maka aku akan melaporkan kepada orang tuanya supaya orang tuanya yang mengurusnya.
    5.Saya bangga dengan anak muda di Indonesia karena mereka berjuang supaya dunia tahu bahwa Indonesia adalah negara yang pintar dan pekerja keras.
    6. Negara Indonesia akan hancur karena anak muda merupakan penerus bangsa Indonesia.
    7.saya tidak akan mengikuti apa yang mereka lakukan dan memberitahu kepada orang supaya tidak ikut-ikutan.

    ReplyDelete
  20. Stephen Wang
    1. Saya akan melaporkan masalah ini kepada pihak sekolah seperti guru, kepala sekolah, dan orang tuanya, dan saya juga akan menasihatinya agar tidak melakukan tindakan tersebut lagi.
    2. nilai yang saya ambil yaitu:
    - Persatuan dan Kesatuan
    - Semangat
    - Perjuangan
    Kegiatan yang bisa saya lakukan yaitu berbuat baik kepada sesama, selalu berusaha, dan belajar dengan sungguh-sungguh.
    3. NKRI adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan juga merupakan negara persatuan dan kesatuan. Dan oleh karena itu, kita harus selalu melestarikan negara ini dan menjaga persatuan dan kesatuan.
    4. Saya akan menasihatinya agar tidak terjadi lagi. Dan jika tindakan ini masih dilakukan, saya akan melaporkan kepada polisi agar tidak melakukan tindakan tersebut.
    5. Pendapat saya yaitu bersyukur, dan bangga karena telah mendapat banyak penghargaan dalam kompetisi dunia.
    6. Negara akan terpecah dalam persatuan dan kesatuan jika para pemuda Indonesia tidak peduli lagi dengan kondisi yang sedang terjadi. Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan pada negara kita.
    7. Saya akan melaporkan kepada orang tuanya agar anak itu berhenti untuk minum minuman keras.

    ReplyDelete
  21. Eunike.k.p
    8B

    1. Yang akan saya lakukan adalah saya akan memilih untuk tidak ikut-ikutan dalam hal tersebut. Selain itu saya juga akan melaporkannya kepada guru atau kepala sekolah biar beliau yang akan menindaklanjuti hal tersebut.

    2. Nilai-nilai yang dapat saya ambil dari sumpah pemuda adalah
    a. Cinta tanah air dan bangsa
    b. Membela bangsa dan negara
    c. Kerja keras
    d. Rela berkorban
    e. Kerja sama
    Kegiatan yang dapat dilakukan adalah selalu membeli produk-produk dalam negeri dan selalu mempelajari budaya-budaya dalam negeri.

    3. Yang akan saya sampaikan adalah bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam,bahasa,suku,dan budaya yang begitu melimpah. Indonesia juga memiliki wisata alam yang indah itu yang membuat Indonesia banyak dikenal di luar negeri terutama dengan Bali. Bali merupakan pulau yang di miliki Indonesia Bali banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

    4. Yang akan saya lakukan adalah melaporkan nya kepada pihak berwajib karena yang ia lakukan sudah melanggar hukum negara (undang-undang.)


    5. Saya sangat bangga pada mereka karena mereka dapat mengharumkan nama bangsa. Mereka pasti bekerja keras untuk mendapatkan hasil tersebut maka,saya juga akan melanjutkan perjuangan mereka agar saya juga dapat mengharumkan nama bangsa.

    6. Generasi muda Indonesia adalah generasi penerus bangsa Indonesia jika mereka tidak peduli akan keadaan Indonesia saat ini Indonesia bisa hancur karena nantinya yang akan menggantikan presiden,mentri,gubernur,walikota, dan yang lainnya adalah para pemuda pemudi Indonesia.

    7. Yang akan saya lakukan adalah tidak ikut-ikutan dan saya akan mencoba untuk menegur mereka jika masih belum berhasil saya akan mencoba untuk membicarakan ini bersama pak RT atau RW agar beliau yang menindaklanjutinya saya juga akan memberi saran kepada beliau agar mengadakan kegiatan positif atau membuat komunitas muda.

    ReplyDelete
  22. Angela Wang


    1.Pertama-tama yang akan saya lakukan adalah memberi pendapat dan solusi yang lebih baik sebagai teman mereka.Tetapi jika mereka tidak berubah pikiran dan tetap ingin melakukannya maka akan saya laporkan kepada pihak sekolah yang berwenang untuk bisa mengehentikannya seperti Kepala Sekolah.
    2.Nilai-nilai yang dapat diambil adalah:
    •Pantang Menyerah
    •Cinta tanah air
    •Rela berkorban
    •Gotong Royong
    •Persatuan
    •Mau berjuang dan tidak pasrah
    Kegiatan yang bisa dilakukan sebagai pemuda Indonesia yang mau berjuang contohnya adalah belajar sekeras mungkin agar bisa mendapat nilai akademik yang bagus.
    3.Saya akan menceritakan tentang susah jerih payah yang dilalui untuk NKRI bisa berdiri saat ini.
    4.Pertama-tama akan saya dekati dan ajak dia bicara kenapa dia mengedar obat-obat terlarang tersebut dan jika ternyata karena dia ada kekurangan maka akan saya bantu dan saya doakan tetapi itu jika dia masih bisa diajak bicara tetapi jika tidak maka akan saya laporkan kepada pihak yang berwenang agak masalahnya segera diselesaikan.
    5.Bagi para pemuda Indonesia yang telah mendapat banyak penghargaan atas prestasinya dalam kompetisi dunia saya berterima kasih dan bangga atas apa yang telah mereka capai dan akan saya dukung terus.Dan para pemuda itu harus kita ambil sebagai contoh agar kita juga dapat menjai Pemuda-pemudi Indonesia yang baik dan sukses.
    6.Maka Indonesia akan hancur dan Tidak berkembang karena Pemuda-pemudilah yang adalah penerus bangsa jadi jika mereka sudah tidak peduli dengan negaranya makan masa depan negara akan hancur.
    7.Saya akan mendoakan mereka agar mereka cepat sadar bahwa yang mereka lakukan itu tidak ada benarnya dan mereka bertobat.

    ReplyDelete
  23. chirzah ghina E.
    1.saya akan berusaha untuk menasehati mereka agar tidak tawuran karena itu adalah hal yang salah tetapi jika mereka tetap melakukannya maka saya akan melaporkannya kepada pihak sekolah yaitu guru dan kepala sekolah dan jika perlu saya akan melapor kepada polisi.
    2.nilai nilai yang bisa diambil diantaranya:
    -pantang menyerah
    -rela berkorban
    -kerja sama
    -tidak egois
    -cinta tanah air
    kegiatan yang bisa kita lakukan adalah dengan belajar dengan tekun dan berusaha dengan sungguh sungguh untuk memajukan negara indonesia agar bisa menjadi generasi muda yang tidak menyia nyiakan perjuangan generasi lampau dan melanjutkan perjuangan mereka.
    3.saya akan mengatakan bahwa negara Indonesia mendapatkan kemerdekaannya bukan secara cuma cuma melainkan dengan perjuangannya yang pantang menyerah hingga terjadi pertumpahan darah yang hebat.indonesia juga bisa bangkit dari penjajahan dan menjadi negara maju yang sekarang terpandang oleh negara lain akan kekayaannya.
    4.saya akan berusaha memberi tahu dia bahwa yang dia lakukan salah karena menggunakan narkoba adalah sesuatu yang terlarang dan bisa membuat masa depan hancur dan saya juga akan bertanya apakah dia menggunakan juga karena jika iya maka saya akan mengatakan kepada dia untuk berhenti dan berbicara kepada orang tuanya untuk memberi arahan yang benar kepada anaknya agar tidak terjerumus ke lubang yang salah.
    5.saya pribadi merasa sangat bangga dan ingin mengapresiasikan atas apa yang mereka telah lakukan karena mereka sebagai generasi muda telah berjuang memajukan indonesia dan membuat nama indonesia harum dan disegani oleh negara lain.
    6.maka indonesia mungkin berpotensi hancur dan tidak bisa maju karena generasi muda adalah generasi penerus yang menjadi penentu masa depan negara jadi jika mereka tidak perduli maka tidak akan ada generasi yang bisa membangun dan memajukan negara.
    7.saya akan memberikan nasehat pada mereka bahwa apa yang mereka lakukan adalah sesuatu yang salah dan buang buang waktu sebaiknya mereka menggunakan waktu mereka untuk belajar dan bermain yang positif karena merokok dan minum bisa berdampak sangat negatif dan berpotensi membuat masa depan kacau dan saya juga akan memberi tahu orang tuanya untuk lebih mengawasi anaknya dan memberi pengertian mana yang baik dan buruk agar mereka tidak salah mengambil keputusan,dan saya juga akan mengatakan bahwa sebaiknya pergaulan anaknya lebih diawasi agar tidak sampai ikut arus yang buruk.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA