PELATIHAN MENULIS Bagian 5 Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial .

BELAJAR MENULIS Bagian ke  5

Belajar Menulis Gelombang 4

Hari Tanggal : Senin , 9 Maret 2020
Waktu : Pukul 19.00 s.d. 21. 00 WIB
Nara Sumber : Nanim AB Ibnu Solihin

Seorang Motivator Pendidikan Com Learning Center, Harvest City Cluster Edelweiss B Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat)

Topik :   Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial .

Oleh : Endah W


Menulis itu berbicara tentang konsistensi.  .   Untuk bisa memiliki Personal Branding  salah satunya adalah dengan cara menulis.  Tentu saja menulis disini bukan asal menulis yang hanya bisa dibaca oleh sendiri seperti menulis pengalman di buku Diary  .  Buku diary hanya di konsumsi untuk diri sendiri dan tujuannya hanya untuk menuliskan kisah pribadi yang mungkin hanya berguna untuk diri sendiri.
Untuk bisa memiliki Personal Branding tentu hasil tulisan kita harus dibaca oleh banyak orang dan tentu saja harapannya tulisan kita bisa bermakna bagi diri sendiri dan orang lain.
Menulis yang bisa dikonsumsi orang lain artinya tulisan kita bukan tulisan yang bersifat rahasia tetapi tulisan  yang memiliki tujuan khusus. 
Media yang paling mudah digunakan saat ini adalah gadget.   Melalui gadget kita bisa menggunakan banyak aplikasi yang bisa menunjang tujuan kita untuk menulis alah satunya melalui Blog .

CARA MEMBANGUN BRANDING MELALUI BLOG DAN MEDIA SOSIAL

1.  Membuat blog dan menulis secara konsisten
  Dalam pertemuan ke 5 ini narasumbernya adalah  Bapak Namin AB Ibunu Solihin, beliau adalah seorang Motivator Pendidikan.com, Learning Center, Harvest City Cluster Edelweiss B Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat. Pak Nanim AB menulis  lewat blog di internet, karena blog adalah alat rekam yang ajaib. Keajaibannya akan didapatkan seiring dengan lamanya menulis di blog dan mengelolanya dengan baik.

Pak Namin AB Ibnu Solihin telah membagikan secara Gratis lebih dari 250 materi training di slideshare.net. Dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar 7 Ribu kali setiap tahunnya. Linknya sebagai berikut https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak

Untuk bisa melihat rekam jejak digital Pak Namin AB Ibnu Solihin bisa melalui  media sosial yang dimilikinya  Instagram @motivatorpendidikancom, dan   beliau juga membagikan kegiatannya di Channel YouTube Motivator Pendidikan Com.

Narasumber memberikan pengalamannya tentang bagaimana   membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial.
Beliau  mulai Ngeblog tahun 2007, melalui blogspot.com, saat itu  ngeblognya hanya untuk  mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. Tulisan di Blog juga masih sangat beragam, bahkan lebih banyak curahan hati.

Lebih dari 10 blog pernah dibuat di blogspot.com, kini semua blog tersebut sudah dihapus semua. Hingga akhirnya disekitar tahun 2013  beliau mengenal guraru.org.

2.  Memiliki keinginan belajar dari para ahlinya
Keinginan untuk menulis lebih baik lagi, akhirnya ditahun 2013 beliau mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman. Kita mengajak para guru untuk menulis dan mengenalkan personal branding melalui blog https://guraru.org/guru-berbagi/peranan-personal-blog-dalam-proses-pembelajaran/

Pada tahun 2014 beliau  dan Om Jay bersama teman-teman guru blogger menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) pada tahun 2014-2015, dan setelah itu Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek.

Tahun 2014 itu juga, awal pak Nanim mulai membangun Branding lewat blog. Perjalanan pak Nanim membangun Branding bisa dibaca di profilnya pada link di atas.
Singkatnya, pada akhir pada tahun 2015 Pak Nanim melaunching website www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang dia isi. Sebelum website tersebut di launching, pak Nanim banyak mencurahkan gagasannya tentang pendidikan di Blog https://motivatorkreatif.wordpress.com.

3.  Membuat tulisan  yang sudah dikuasai ilmunya
Membangun Branding memang tidak mudah, tapi jika kita sungguh-sungguh pasti  kemudahan dan harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya. Juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan. Menulis konten Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kala mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut..

Menulis dan membangun Branding telah mengantarkan Pak Nanim keliling Indonesia,  dan  telah mengisi training setidaknya dilebih dari 300 lembaga, sejak tahun 2014-sekarang. Beliau hampir setiap minggu mendapatkan job untuk melatih guru dan siswa di seluruh Indonesia.

4.  Tulisan yang dibuat harus fokus pada bidang tertentu dan konsisten
Pak Namin berpesan, jika ingin membangun Branding bapak dan ibu guru harus fokus menulis pada bidang tertentu, sesuai dengan passion atau keahlian terbaik. Setiap blog punya fokus masing-masing. Misalnya  blog 1 khusus tulisan tentang hobi saya, blog 2 tentang aktivitas saya di sekolah . Jika tujuannya sekedar hanya untuk mengisi aktivitas tidak masalah. Tapi jika kita ingin dikenal oleh orang, sebagai ahli pada bidang tertentu, maka harusnya fokus saja pada satu blog dan satu website.

Pak Nanim memiliki blog dan website tapi kontennya sama, Blog sebagai Backup jika web sedang Down. Nah jika mau banyak blog bisa juga. Misalnya:
Blog 1 untuk tulisan sesuai Branding
Blog 2 untuk Hobi
Blog 3 Bisnis

5.  Mau berproses untuk mencapai tujuan akhir
Jadi motivator itu bukan sekedar kita ikut Training of trainer (TOT) tertentu, kemudian kita menamakan diri sebagai motivator dengan Nama kita lalu ditambah berbagai gelar pelatihan di belakangnya. Bukan sekedar itu. Untuk menjadi seorang ahli atau motivator butuh proses dan waktu yang lama. Butuh kesabaran dan kita harus terus meng-update diri.

Seorang ahli dalam bidang tertentu dia harus mengalami sendiri apa yang dia sampaikan. Kisah nyata akan jauh lebih berkesan. Pak Nanim sendiri menempa diri dengan memberikan training Gratis selama 10 tahun, sambil terus mengasah diri tentang banyak hal. Baru setelah itu  Pede menjadi motivator profesional, tanpa menggunakan gelar sekalipun. Kita  bisa lihat di Instagramnya @motivatorpendidikancon.

Mengapa perlu membangun personal branding ?
Karena kita mau dikenal orang melalui  karya kita

Menciptakan jejak digital untuk memberi bekal pada  generasi penerus menjadi generasi yang lebih baik dan bisa menguasai jamannya .

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA