PELATIHAN MENULIS Bagian 3 "Mengapa Menulis ?"


BELAJAR MENULIS 3

BELAJAR MENULIS 3
Resume3
Pertemuan ke-3, Jumat 6 Maret 2020
Materi: Mengapa Menulis
Pemateri : Bpk. Dudung Nurullah Koswara

Oleh : Endah W

Menjadi penulis bagi saya adalah suatu cita-cita yang belum kesampaian....menulis buku masih berupa suatu harapan. Ketika ada kesempatan belajar bagaimana menulis sebuah buku tentu saja menjadi secercah harapan yang mulai timbul lagi.  Berusaha mengikuti beberapa group online untuk mewujudkannya. Dan akhirnya setelah mengikuti group peniulis ternyata niat saja tidak cukup karena bnayak sekali kendala yg di hadapi untuk memulai belajar menulis.  Kesibukan pekerjaan dan kegiatan sosial yang sangat padat ternyata benar-benar menyita waktu sehingga kadang waktu yang sangat sedikit seringkali dipakai hanya untuk istirahat.  Tentu saja jika kita mengikuti rutinitas seperti ini maka kita tidak akan produktif dalam kegiatan menulis.
Perlu konsisten yang amat tinggi untuk tetap produktif, meski harus dengan memaksa diri sendiri untuk menggerakkan jari supaya bisa menghasilkan suatu tulisan. 
Ketika Jumat malam memulai kelas online belajar menulis bagian ke-3 benar-benar membuat hati gelisah karena hari Sabtu sudah ada rencana mengadakan perjalanan ke luar kota. Sempat terpikir bagaimana menulis dan apa bisa mengumpulkan tugas resume ke-3 dikumpulkan secara ontime.
Mengikuti percakapan tentang pengalaman teman-teman yang tergabung dalam kelas online ini membuat saya tetap bersemangat untuk menulis

MENGAPA MENULIS ?

Bagi saya menulis sama dengan berbicara....akan mempengaruhi orang yang sedang mendengar pembicaraan kita atau yang membaca tulisan kita.
Bermanfaat atau tidak tergantung pada reaksi dari orang yang membaca tulisan kita.  Kalau menulis adalah sarana kita untuk berbagi hal biak dengan orang lain, mengapa tidak kita menulis?

Hasil belajar menulis di sesi ke 3:

Nara sumber adalah Bpk Dudung Nurullah Koswara.

Pak Dudung menyapa kami dengan memberi salam dan siap bertukar pikiran berkaitan dengan menulis. Beliau melontarkan pertanyaan yang tidak perlu jawaban dari kami "Mengapa saya menulis?

Mengapa Menulis?
Menurut narasumber :

Pertama, menulis itu mengalirkan perspektif kita tentang sesuatu. Mengasah artikulasi tentang suatu hal. Menulis tidak harus baik namun setidaknya kita dapat melihat sejauh mana kebodohan bahkan potensi kita dalam menulis. narasi yang kita tulis adalah cermin literatif kita.

Kedua, menulis itu bisa menjadi ekspresi perlawanan kita tentang sesuatu yang menurut kita tidak adil atau ada ketidakadilan.. Penulis adalah kesatria pembela kebenaran, pedangnya pena atau jari kita.
Menulis adalah bela diri bukan hanya pencak silat atau angkat senj

Ketiga, menulis itu narcis literatif. kalu kita hanya selfie selfie saja semua orang juga bisa. Bahkan anak Sd juga ahli. Namun menulis itu sangat keren mengapa? Karena menulis itu yang gampang tapi dianggap sulit. Ini anggapan sesat yang menyebabkan ribuan orangtidak menulis

Kesimpulan  pentingnya menulis:

1. Dengan menulis kita bisa mengukur kemampuan literatif diri sendiri dalam menyikapi suatu situasi
2. Menulis dengan cara yang baik dapat digunakan dalam melawan issue ketidak adilan yang ada di masyarakat
3. Menulis adalah cara aktualisasi diri seperti ketika kita selfie


Comments

  1. Replies
    1. Trimakasih ibu Tere , saling support utk hasilkan karya ya bu

      Delete
  2. Replies
    1. Trimakasih ibu untuk support nya... Mari berkarya bersama

      Delete
  3. Replies
    1. Mari menginspirasi generasi untuk selalu berkarya

      Delete
  4. Replies
    1. Trimakasih Bu ,belajar bersama dan saling support

      Delete
  5. Replies
    1. Meninggalkan jejak digital ...Bu,semangat terus

      Delete
  6. Replies
    1. Masih belajar pak Naf, msh sederhana...blm secanggih py Bpk... semangat terus pak Naf

      Delete
  7. Bagus banget isi tulisanx buuu...tampilanx blogx eye catching...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih Bu Hindun, masih perlu banyak belajar

      Delete
  8. Replies
    1. Trimakasih Ibu Wahyu mari menulis lebih semangat..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA