PELATIHANMENULIS SERI TEKNIK MEMASARKAN BUKU
PELATIHANMENULIS
SERI TEKNIK MEMASARKAN BUKU
KAMIS
, April 23, 2020
Narasumber
: Bapak Agus Subardana, S.E., M.M.
Oleh
: Endah winarsih , S.Pd
CV NARASUMBER
CV. Singkat Nama : Agust. Subardana, S.E., M.M. Jabatan : Director of
Marketing Andi Publisher Tempat /Tgl Lahir : Yogyakarta, 11-09-1973 Status :
Menikah Istri : Retno Th. Anak : 1. Herjuna S. 2. P. Tanusaputra Hooby :
Membaca , dan Marketing. Hp / w.a : 08112936680 Pendidikan 1. S1 Management,
Universitas Mercu Buana Yogyakarta 1998 2. S2 Magister Management Merketing ,
Fak . Ekonomi Universitas Satya Negara Jakarta 2012 Riwayat Pekerjaan 1.
Sekretaris Umum Pusat Pelayanan Usaha Kecil dan Menengah (PPUKM) se-DIY 1997
-1999 2. Supervisor Madical Representative PT. Metiska Farma Jakarta 1999 -2003
3. Area Manager Marketing PT. Dobeli Jakarta 2003 -2005 4. Manager Marketing
Penerbit ANDI OFFSET Yogyakarta 2005 – 2012 5. Direktur Marketing Penerbit ANDI
OFFSET Yogyakarta 2013 – sekarang 6. Dosen kelas Malam (18.00 s.d 22.00 wib)
STIE Wiyata Mandala 2014 – 2018 a. Understanding Business b. Brand Management
c. Integrated Communication Marketing (IMC)
Bagaimana cara memasarkan buku ?
Strategi Pemasaran Buku
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi
proses pembelajaran serta sarana
penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan
pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca
yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai
wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini.
Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan
masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang
bergerak di bidang penerbitan buku.
Perkembangan industri penerbitan buku juga dipicu oleh alasan
keuntungan (profit margin) yang relatif besar dibandingkan industri lainnya
khususnya barang konsumsi. Saat ini terdapat 1 328 penerbit yang terdaftar
sebagai anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan jumlah penerbit aktif
sebanyak 711 penerbit, dan sisanya sudah tidak aktive lagi.
Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya
tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka
kita perlu strategi pemasaran. Srategi
Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang
menjalankan bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek
dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang
di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan
menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku
cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku
Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri,
Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan
pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada
umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa
kegiatan bisnis . Sehingga strategi
pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu
perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu
demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami
terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal
ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku,
dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari
10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi
pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran
buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro
tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat
sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara.
a. Pemasaran buku lewat Online
Saat ini yang sedang ngetren dan gencar di dunia maya yaitu Strategi
Pemasaran yang banyak di pakai oleh setiap orang yang sudah mengerti teknologi
internet yaitu berpromosi lewat Online melalui website dan media sosial lainya.
Kalau kita sudah mempunyai produk buku yang jenis katagorinya banyak maka
langkah awal kita harus buat website.
Katakanlah website merupakan markas besar untuk sebuah bisnis penjualan
buku. Dengan mempunyai website ini kita dapat merencanakan promosi dalam
melancarkan penjualan buku. Dan website tersebut akan banyak kita isi produk,
harga, promosi, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya.
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk
terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan informasi
produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen
baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen
terjaga.
- Menjaga kesetabilan
penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan
profit
- Membandingkan dan
keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk
dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku ,
persepsi dan pendapat konsumen
Media Online yang dapat kita lakukan untuk promosi dan penjualan buku
yaitu sudah tidak asing lagi dibenak anda sekalian yaitu lewat telepon, w.a,
sms, email, dll.
b. Pemasaran Buku Lewat
Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas
kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas
kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita.
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar
buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota
besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43
cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap
kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan
target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin
percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia.
Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku
ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini
dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan
tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books
Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi
mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem
centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan
sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya
sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur
distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi,
kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi
Promosi
1. di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan
, antara lain :
- Menguasai display buku
, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di
internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku ,
Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik
sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,
Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi
program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita
proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2. Directselling
Pemasaran Buku melalui Direkselling ini kita petakan berdasarkan jenis
katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat
Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku
mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan
Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk
jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai
Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan
tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target
sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung ke
tiap sekolah
- Kunjungan langsung ke
setiap kampus
- Kunjungan langsung ke
setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan kunjungan
langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang
baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga
dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3. Melakukan Event – Event
Aktive dalam melakukan event – event
seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan
sebagainya.
Demikian yang dapat saya sampaikan Strategi pemasaran buku secara
singkat , dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang belum kami
sampaikan , di lain waktu kita lanjutkan strategi pemasaran buku selanjutnya
Terimakasih
keren bu...resumnya
ReplyDeleteMakasih Bu Ivo
DeleteAsyik, Miss. Ayo, Fight terus.
ReplyDeleteMakasih support nya Bu There
Delete