Belajar dengan cara kreatif Seri Analisis : Berbeda Itu Indah

Materi PPKn Kelas VII Semester 2 Kurikulum 2013

Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 


Semua manusia memiliki banyak perbedaan.  Kita semua harus menyadari bahwa perbedaan yang kita miliki itu seharusnya membuat kita bangga dan menjadikan manusia saling melengkapi satu sama lain. Manusia memiliki kelebihan dan kelemahan yang akhirnya menjadikan satu sama lain berbeda.  Dan perbedaan tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh banyak faktor.


Indonesia adalah negara yang heterogen negara yang multicultural.  Oleh karena itu Indonesia memiliki banyak sekali perbedaan-perbedaan di dalam kehidupan masyarakatnya.
Pelajaran pada bab ini kita akan mempelajari tentang makna Keberagaman di Dalam Negara RI

1. Pengertian keberagaman
          keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam segala bidang. Perbedaan terutama dalam hal suku, agama, ras, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya dan ekonomi.

2. Faktor penyebab keberagaman
         Indonesia terdiri dari 34 provinsi dengan jumlah pulau lebih dari 17.000 pulau dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa dan jumlah suku bangsa lebih dari 1.128 suku bangsa. Secara umum keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini:
a. Letak strategis wilayah Indonesia
b. Kondisi negara kepulauan
c. Perbedaan kondisi alam
d. Keadaan transportasi dan komunikasi
e. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

3. Suku bangsa (etnik)
         adalah sekelompok orang yang memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut. ciri-ciri mendasar dari suku bangsa adalah memiliki kesamaan dalam hal bahasa daerah, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah, tempat asal dan kesamaan nenek moyang.

4. Suku bangsa yang terdapat di wilayah Indonesia, antara lain:
a. Dipulau Sumatra : Suku Aceh, gayo Alas, Batak, Minangkabau dan Melayu
b. Dipulau Jawa : Suku Jawa, Sunda, badui, Samin
c. Dipulau kalimantan : Suku Dayak
d. Dipulau Sulawesi : Suku Bugis, Manado, Gorontalo, Makasar
e. Dipulau Maluku : Suku Ambon, Sangir, Talaud, Ternate
f. Dipulau Bali dan Nusatenggara: Suku Bali, Lombok, Bima dan Timor
g. Dipulau Papua : Asmat, dan Dani

5. Kebudayaan Indonesia
          Kebudayaan adalah adalah keseluruhan budaya yang ada ditanah air yang merupakan hasil cipta, rasa dann karsa bermacam-macam suku bangsa yang tersebar di wilayah Indonesia. Unsur-unsur kebudayaan:
a. Kepercayaan
b. Teknologi dan peralatan
c. Keseniaan
d. Pengetahuan
e. Kemasyarakatan dan bahasa

Fungsi bahasa Indonesia:
a. Lambang kebanggaan bangsa
b. Alat komunikasi antardaerah atau antarbudaya
c. Lambang identitas bangsa
d. Sebagai alat pemersatu bangsa

6. Faktor penyebab keberagaman agama diIndonesia
          Agama yang diakui diIndonesia sampai saat ini ada 6, yaitu: agama islam, kristem protestan, kristen katolik, budha, hindu dan konghucu. Keberagaman agama diIndonesia disebabkan karena banyaknya pedagang-pedagang dari luar negeri datang ke Indonesia untuk berdagang sambil menyebarkan agama mereka masing-masing, seperti agama islam dibawa oleh pedagang dari persia, pedagang dari india membawa agama hindu dan budha, pedagang dari eropa membawa agama kristen dan pedagang dari cina membawa agama konghucu.

7. Pengertian Ras
          Dalam UU No. 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan diskriminasi ras dan etnis menyebutkan ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik dan garis keturunan. Setiap manusia memiliki perbedaan ras dengan manusia lainnya karena adanya perbedaan fisik seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan, bentuk badan, bentuk dan warna mata dan ciri fisik lainnya.
    Ras yang ada diIndonesia antara lain:
    a. Ras malayan mongoloid : tersebar didaerah Sumatra, Sulawesi, kalimantan, Jawa, Bali dan NTB
    b. Ras Melanesoid : tersebar didaerah Papua, Maluku dan NTT
    c. Ras Asiatic Mongoloid : Ras pendatang dari negara korea, hongkong, cina, Jepang
    d. Ras Kaukasoid : Ras pendatang dari Timur Tengah, India, Eropa, Australia dan Amerika

8. Ciri-ciri struktur masyarakat Indonesia
         Struktur masyarakat Indonesia menurut Syarief Moeis(2008), ditandai dengan 2 ciri atau 2 sudut pandang, yaitu secara vertikal ditandai dengan adanya lapisan atas dan lapisan bawah yang cukup tajam. Sedangkan secara horizontal ditandai oleh kenyataan adanya kesatuan-kesatuan sosial berdasarkan perbedaan-perbedaan suku bangsa, agama, adat istiadat dan kedaerah.

9. Pengertian etnosentrisme
          Etnosentrisme adalah suatu paham yang menganggap hanya kelompoknya atau golongannya saja yang paling baik dan sempurna, sementara golongan lainnya dianggap banyak memiliki kekurangan.

10. Keberagaman antargolongan tidak boleh menyebabkan terjadinya perselisihan dan perpecahan di masyarakat. Adanya keberagaman antargolongan harus menjadi pendorong terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa, dan pendorong tumbuhnya kesadaran setiap warga negara akan pentingnya pergaulan demi memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa misalnya golongan kelas tinggi membantu golongan kelas rendah. Oleh karena itu, ciri golongan tidak ditonjolkan demi kepentingan nasional.

11. Makna dan arti penting Bhinneka Tunggal Ika
           Bhinneka Tunggal Ika adalah motto atau semboyan bangsa Indonesia. Dalam buku Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (2012 :196) dimana dalam buku tersebut mengutip pendapat Suhandi Sigit, menyatakan ungkapan Bhinneka Tunggal Ika dapat ditemukan dalam Kitab Sutasoma yang ditulis oleh Mpu Tantular pada abad XIV di masa Kerajaan Majapahit. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika terdapat pada lambang negara Republik Indonesia, yaitu Burung Garuda Pancasila. Lambang burung garuda secara resmi digunakan dalam sidang kabinet Republik Indonesia Serikat yang dipimpin oleh Bung Hatta pada 11 februari 1950.
            Di kaki Burung Garuda Pancasila mencengkram sebuah pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Kata-kata tersebut dapat pula diartikan : Berbeda-beda tetapi tetap satu. Bhinneka Tunggal Ika mengandung makna bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa, adat-istiadat, ras dan agama yang beraneka ragam namun keseluruhannya merupakan suatu persatuan dan kesatuan. Penjelmaan persatuan bangsa dan negara Indonesia tersebut disimpulkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 tahun 1951 tentang lambang Negara Republik Indonesia, yang diundangkan tanggal 28 Nopember 1951 dan termuat dalam Lembaran Negara Nomor II Tahun 1951.
           Tokoh yang mengusulkan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara Indonesia adalah Muh. Yamin walaupun pada awalnya Ir. Soekarno yang menyusun Bhinneka Tunggal Ika setelah Indonesia merdeka. Bhinneka Tunggal Ika mengandung makna meskipun bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku bangsa, adat istiadat, ras dan agama namun keseluruhannya itu merupakan satu kesatuan, yaitu bangsa dan negara Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia sebagai dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia, dimana kita harus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari seperti hidup saling menghargai antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya tanpa memandang suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit dan lain-lain. Tanpa adanya kesadaran sikap dan perilaku untuk mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika pasti akan terjadi perpecahan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena setiap orang hanya akan hanya mementingkan diri atau daerahnya sendiri daripada kepentingan bangsa dan negara.

12. Sikap/perilaku toleran terhadap keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan
a. Perilaku toleransi dalam kehidupan beragama diIndonesia, antara lain:
    1) Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan baik dan benar
    2) Menghormati agama yang diyakini orang lain
    3) Tidak memaksakan keyakinan agama yang dianutnya kepada orang lain
    4) Toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain
b. Perilaku toleransi terhadap keberagaman suku dan ras di Indonesia
    1) Menghormati harkat dan martabat orang lain
    2) Tidak membeda-bedakan orang berdasarkan suku dan ras
c. Perilaku toleransi terhadap keberagaman sosial budaya
    1) Mengetahui keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia
    2) Mempelajari dan menguasai salah satu seni budya sesuai dengan minat dan kesenangan
    3) Merasa bangga terhadap budaya bangsa sendiri
    4) Menyaring budaya asing yang masuk ke dalam bangsa Indones



II. ESSAY

A.  Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar di blog ini langsung.  Jangan lupa beri nama sebelum menjawab !
Berikan penjelasan menurut kalian apakah kerjasama antara pemerintah dan masyarakat diperlukan dalam menangani COVID -19 ?
 

B.  Kerjakan soal  dalam link berikut ya  !
klik disini        https://forms.gle/92Nv3JCvgeLDchPU7

ESSAY                                                                                           
1. Jelaskan dan sertakan contoh  perbedaan kondisi alam yang dapat menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia!                                                            
2. Tuliskan 5 alasan keberagaman masyarakat Indonesia yang bisa menjadi potensi (kekayaan bangsa)!                                                                                      
3. Berikan contoh dan penjelasan mengapa kerjasama antar warga negara  Indonesia sangat diperlukan dalam menanggulangi wabah COVID-19  !                       
4. Bagaimana caranya untu menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah jelaskan dan sertakan conto !                                                                              5. Berikan contoh bentuk kerjasama yang dilakukan antar negara dalam menangani wabah virus COVID-19 !


Comments

  1. Thank you ms,that is a good idea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your Welcome , Son !!
      Keep Pray and God Bless You

      Delete
  2. Valerian/7
    1.kondisi alam yg berbeda seperti daerah pantai, pegunungan,rawa,dll mengakibatkan perbedaan masyarakat.masyarakat di daerah pantai berbeda dgn masyarakat pegunungan seperti perbedaan 2. Karena adanya banyak suku, ras, agama, budaya, dan bahasa di Indonesia.
    3.Untuk mencegah virus tersebut, warga Indonesia dapat melakukan tindakan preventif atau edukatif seperti mengenakan masker untuk melindungi diri dari virus. Banyak warga turut memberikan saran terkait tindakan preventif penyebaran virus Corona. Contoh sederhananya adalah penggunaan masker dan rutin membersihkan tangan.
    4.Cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah

    A) Belajar Toleransi akan keberagaman
    B) Menyapa teman dan guru dengan sopan
    Penjelasan
    Kerja sama adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih secara bersamaan tanpa memandang perbedaan dalam keragaman sosial.
    5. Membantu negara lain dengan memberi mereka dukungan dan sembako dan kita juga dapat bekerja sama dengan mengikuti peraturan tersebut.

    ReplyDelete
  3. Kerjasama nya ialah dengan kita taat peraturan pemerintah kita yaitu diam dirumah aja tidak berkeliaran diluar. Memang Indonesia susah untuk lockdown karena Indonesia negara yang bergaul satu sama lain.

    1 dengan ada perbedaan kondisi alam maka ada perbedaan aturan. Seperti di gunung,pantai,kota,desa,Dll
    2 A. dengan banyak keberagaman,pemasukan negeri jadi banyak
    B. dengan keberagaman kita bisa mengenal banyak budaya Di sini
    C. Keberagaman dapat menciptakan persatuan yangvkuat
    D. Keberagaman dapat menciptakan perbedaan dari negeri lain

    3.pentingnya kerjasama adalah agar Covid-19 terputus dan tidak menjangkitkan para masyarakat dan supaya Covid-19 tidak menganass

    4.yaitu dengan memberikan motivasi motivasi pada anak anak contoh memberikan motivasi yg berbunyi"besatu kita teguh bercerai kita runtuh" dengan itu anak anak bisa termotivasi

    5 contohnya yaitu dengan taat peraturan pemerintah seperti diam dirumah saja dan jaga kesehatan dimasa pandemic Covid-19

    ReplyDelete
  4. 1. Karena perbedaan kondisi alam maka itu akan menyebabkan perbedaan mata pencaharian penduduk. Karena mata pencaharian berbeda maka mereka mengembangkan budaya dan tradisi berbeda pula.
    2. Karena tidak banyak bangsa lain yang mempunyai keanekaragaman seperti di Indonesia.
    3. Karena Bisa dibilang agak percuma jika tak ada kerja sama dalam menghadapi masalah ini contoh: pemerintah sudah memberi himbauan agar warga tak pulang ke tempat asal tetapi mereka tetap tidak mendengarkan dan merekapun membawa virus tersebut ke tempat asal mereka jadi kerja pemerintah bisa dibilang percuma jika tak ada kerjasama antar warga Negara.
    4. Selalu bertoleransi terhadap semua orang dan mau bekerja sama dengan semua orang, ikut aktif dalam kegiatan kelompok, dan aktif dalam tugas piket sekolah.
    5.contoh: Negara A mengirimkan Masker dan alat alat medis lainya ke Negara B yang kekurangan alat medis dan masker, dan Negara B membalas Negara A dengan mengirimkan Tenaga Medis karena mendengar bahwa Negara A kekurangan Tenaga Medis.

    ReplyDelete
  5. Bryant 7B/3

    1. Karena perbedaan kondisi alam itu akan menyebabkan perbedaan mata pencaharian penduduk. Karena mata pencahariannya berbeda maka mereka mengembangkan budaya dan tradisi berbeda.

    2. Karena tidak banyak bangsa lain yang mempunyai keanekaragaman seperti bangsa Indonesia.

    3. Karena bisa dibilang agak percuma jika tidak ada kerja sama dalam menghadapi masalah ini contohnya, pemerintah sudah memberi himbauan agar warga tidak pulang ke tempat asal mereka tetapi mereka tetap tidak mendengarkan dan merekapun membawa virus tersebut ke tempat asal mereka jadi kerja pemerintah bisa dibilang percuma jika tidak ada kerjasama antar warga negara.

    4. Selalu bertoleransi terhadap semua orang dan mau bekerja sama dengan semua orang, ikut aktif dalam kegiatan kelompok, dan aktif dalam tugas piket sekolah,dll.

    5.contoh: Negara A mengirimkan Masker dan alat-alat medis lainya ke Negara B yang kekurangan alat medis dan masker, dan Negara B membalas Negara A dengan mengirimkan Tenaga Medis karena mendengar bahwa Negara A kekurangan Tenaga Medis.

    ReplyDelete
  6. 1. Karena perbedaan kondisi alam maka itu akan menyebabkan perbedaan mata pencaharian penduduk. Karena mata pencaharian berbeda maka mereka mengembangkan budaya dan tradisi berbeda pula.
    2. Karena tidak banyak bangsa lain yang mempunyai keanekaragaman seperti di Indonesia.
    3. Karena Bisa dibilang agak percuma jika tak ada kerja sama dalam menghadapi masalah ini contoh: pemerintah sudah memberi himbauan agar warga tak pulang ke tempat asal tetapi mereka tetap tidak mendengarkan dan merekapun membawa virus tersebut ke tempat asal mereka jadi kerja pemerintah bisa dibilang percuma jika tak ada kerjasama antar warga Negara.
    4. Selalu bertoleransi terhadap semua orang dan mau bekerja sama dengan semua orang, ikut aktif dalam kegiatan kelompok, dan aktif dalam tugas piket sekolah.
    5.contoh: Negara A mengirimkan Masker dan alat alat medis lainya ke Negara B yang kekurangan alat medis dan masker, dan Negara B membalas Negara A dengan mengirimkan Tenaga Medis karena mendengar bahwa Negara A kekurangan Tenaga Medis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Karena perbedaan kondisi alam maka itu akan menyebabkan perbedaan mata pencaharian penduduk. Karena mata pencaharian berbeda maka mereka mengembangkan budaya dan tradisi berbeda pula.
      2. Karena tidak banyak bangsa lain yang mempunyai keanekaragaman seperti di Indonesia.
      3. Karena Bisa dibilang agak percuma jika tak ada kerja sama dalam menghadapi masalah ini contoh: pemerintah sudah memberi himbauan agar warga tak pulang ke tempat asal tetapi mereka tetap tidak mendengarkan dan merekapun membawa virus tersebut ke tempat asal mereka jadi kerja pemerintah bisa dibilang percuma jika tak ada kerjasama antar warga Negara.
      4. Selalu bertoleransi terhadap semua orang dan mau bekerja sama dengan semua orang, ikut aktif dalam kegiatan kelompok, dan aktif dalam tugas piket sekolah.
      5.contoh: Negara A mengirimkan Masker dan alat alat medis lainya ke Negara B yang kekurangan alat medis dan masker, dan Negara B membalas Negara A dengan mengirimkan Tenaga Medis karena mendengar bahwa Negara A kekurangan Tenaga Medis.
      adrian/7B

      Delete
  7. Nissi
    A) ya, kita adalah satu bangsa dan sebagai warga negara Indonesia kita harus saling membantu dan ikut serta apapun masalahnya. Jika kita saling bekerja sama dan saling menjaga maka Indonesia akan cepat bebas dari virus covid-19 ini. Sebagai masyarakat kita dapat membantu pemerintahan dengan cara "stay at home" dan hal tersebut dapat mengurangi adanya korban jiwa, dan meringankan kekhawatiran pemerintahan.

    ReplyDelete
  8. 1.Perbedaan kondisi alam contohnya adalah pantai dan pegunungan orang di pantai kebanyakan pekerjaanya adalah nelayan dan yang mereka butuhkan adalah kapal sedangkan yang tinggal di pegunungan kebanyakan bekerja menjadi peternak dan petani
    2.A.Bisa menjadi pemasukan bangsa Indonesia
    B.Banyak Budaya
    C.Menjadi negara yang unik
    D.Menjadi 1 1 nya negara di dunia dengan kebudayaan yang berlimpah
    E.Menjadi sesuatu yang baik
    3.Karena jika tidak ada kerja sama maka rakyat bisa saja tidak hati hati dan tidak melakukan social distancing
    4.Untuk menumbuh kan semangat kerjasama di sekolah di lakukan dengan cara
    A)Tidak membeda bedakan
    B)Menerima semua kelebihan dan kekurangan teman
    Cth:Saat ada teman yang berbeda agama dengan kita kita tidak boleh menjauhi orang itu tapi kita harus menemaninya.
    5.Membagi disinfektan
    Memberi obat virus covid 19
    Memberi bantuan tenaga medis
    Memberi alat medis

    ReplyDelete
  9. 1.Perbedaan kondisi alam contohnya adalah pantai dan pegunungan orang di pantai kebanyakan pekerjaanya adalah nelayan dan yang mereka butuhkan adalah kapal sedangkan yang tinggal di pegunungan kebanyakan bekerja menjadi peternak dan petani
    2.A.Bisa menjadi pemasukan bangsa Indonesia
    B.Banyak Budaya
    C.Menjadi negara yang unik
    D.Menjadi 1 1 nya negara di dunia dengan kebudayaan yang berlimpah
    E.Menjadi sesuatu yang baik
    3.Karena jika tidak ada kerja sama maka rakyat bisa saja tidak hati hati dan tidak melakukan social distancing
    4.Untuk menumbuh kan semangat kerjasama di sekolah di lakukan dengan cara
    A)Tidak membeda bedakan
    B)Menerima semua kelebihan dan kekurangan teman
    Cth:Saat ada teman yang berbeda agama dengan kita kita tidak boleh menjauhi orang itu tapi kita harus menemaninya.
    5.Membagi disinfektan
    Memberi obat virus covid 19
    Memberi bantuan tenaga medis
    Memberi alat medis
    -Hansen

    ReplyDelete
  10. JonathanCK / 7B/ 13
    A). Perlu karena jika masyarakat terus berkeliaran keluar rumah dan tidak mematuhi pemerintah maka penyebaran virus ini tidak dapat ditekan penyebaranya.

    B).
    1. Perbedaan kondisi alam mengakibatkan gaya hidup masyarakat di setiap daerah berbeda contoh nya saja petani dengan nelayan beda mata pencaharian dan juga beda hasil yang mereka dapatkan
    2. Indonesia memiliki beragam budaya
    - Indonesia memiliki kekayaan alam yang banyak
    - Indonesia memiliki pesona alam yang bagus
    - Indonesia memiliki banyak kunjungan wisata bagu turis asing
    - Dan banyaknya satwa satwa yang hanya ada di Indinesia.
    3. Karena Indonesia memiliki jumlah penduduk yang padat sehingga dapat mudah virus ini menular, jika tidak ada kerjasama anatara masyarakat dan pemerintah maka korban akan semakin banyak berjatuhan bahkan tenaga medis juga tidak akan bisa menangani semuanya, jadi kerjasama sangatlah penting untuk menekan jumlah korban akibat virus ini.
    4. Cara menumbuhkan semangat kerja di lingkungan sekolah adalah dengan cara bertoleransi, saling menyapa, tidak menghina agama / ras / suku lainya, dan selalu memeberikan motivasi kepada teman yang kesusahan,
    Contoh : teman kita terkena musibah banjir kita harus memeberi motivasi dan sumbangan.
    5. Beberapa negara saling berbagi tenaga medis dan APD bahkan beberapa rumah sakit di jadikan penelitian terhadap virus ini.

    ReplyDelete
  11. William 7 / 21
    kerjasama antara pemerintah dan masyarakat diperlukan dalam menangani COVID -19 Karena jika tidak ada persatuan, maka COVID - 19 ini tidak dapat hilang dengan cepat, walaupun dapat hilang, tetapi membutuhkan waktu yang panjang. Diperlukan kerjasama di masyarakat yang artinya kita sebagai masyarakat sebaiknya taat pada peraturan yang telah dibuat pemerintah untuk menangani COVID - 19.

    ReplyDelete
  12. Natasya/7b
    a. kerja sama antar pemerintah dan masyarakat pada saat ini itu penting.Masyarakat dapat membantu pemerintah untuk dirumah saja dan pemerintah membantu masyarakat yang sedang terkena Covid-19

    b.

    1.di setiap daerah pasti memiliki kondisi alam yang berbeda beda,karena itu lah bangsa Indonesia menjadi beragam.Contoh;di daerah a kondisi alam nya lebih banyak yang bekerja sebagai nelayan, karena di sana laut nya cukup bagus dan punya banyak ikan,sedangkan di daerah b lebih banyak yang bekerja sebagai petani karena daerah sana mempunyai tanah yang subur.

    2.alasan nya adalah karena Indonesia mempunyai banyak perbedaan dalam beberapa faktor.Termasuk berbeda suku,agama,ras,dan budaya.

    3.Masyarakat yang sehat dapat membantu pemerintah dan negara untuk tetap di rumah,jaga kesehatan dan lain lain.Agar masyarakat yang terkena wabah penyakit ini tidak bertambah,jadi bisa meringankan pekerjaan pemerintah.Dan pemerintah membantu menyembuhkan masyarakay yang sedang sakit, agar wabah penyakit ini cepat selesai dan tidak ada lagi yang terkena COVID-19.

    4.dengan tidak mengeluh dan tidak malas.Karena jika kita mengeluh dan malas terus, kita pasti akan merasakan bosan dan tidak semangat dalam melakukan kerjasama.Contoh nya; adi sangat malas dan selalu mengeluh saat mengerjakan piket di kelas,berbeda dengan Dita yang mengerjakan piket di kelas dengan hati gembira.

    5.Negara W memberikan obat yang ampuh untuk menyembuhkan COVID-19 kepada negara X, negara X membalas kebaikan tersebut dengan memberi masker kepada negara W.

    ReplyDelete
  13. I Michael regory 7B
    1. Karena Bangsa Indonesia banyak sekali budaya dan bangsa Indonesia diajarkan untuk saling menerima
    2. A karena Indonesia ada di daerah yang sangat menguntungkan
    B. Sangat baik jika bangsa Indonesia saling menghargai satu sama lainnya
    C. Indonesia dilatih untuk saling membantu untuk melestarikan alam untuk keberlangsung Hidup
    D. Sangat membantu dan kita dapat berkomunikasi dengan orang lain
    E. Kita bisa lihat dari kita masuk ke Indonesia dan pada saat kita bertemu
    3. Dengan cara kita saling menghargai satu sama lainnya walaupun berbeda Suku
    4. Kita harus saling menghargai perbedaan
    5. Saling menghargai dan belajar bersama sama
    II
    A. menggalang dana untuk membantu para dokter yang lagi bertugas di Rumah sakit tersebut
    1setiap daerah memiliki kondisi alam yg berbeda
    2.karena,adanya ketidak seimbangan nya daerah satu ke daerah lainnya...
    contoh nya,
    tanah subur,curah hujan tinggi,perairan mudah,tenaga kerja,dll
    3.Warga negara bisa mengurangi resiko penyebaran virus covid 19 ini dengan tetap berada di dalam rumah
    Penjelasan:
    Karena virus covid 19 ini dapat menyebar melalui sentuhan tangan, berbicara, bersin, batuk, dll. Virus jga dpat menempel di benda² yg ada di tempat umum yg telah di sentuh oleh penderita
    4. bergotong royong dan kerja bakti bersama sama
    5. Berjaga jarak
    Dirumah saja

    ReplyDelete
  14. 1.kondisi alam yg berbeda seperti daerah pantai, pegunungan,rawa,dll mengakibatkan perbedaan masyarakat.masyarakat di daerah pantai berbeda dgn masyarakat pegunungan seperti perbedaan pakaian, kesenian, bahkan kepercayaan
    2. Indonesia memiliki banyak pulau sehingga dapat di jadikan tempat wisata, indonesia memiliki banyak bahasa daerah sehingga bisa di pelajari dan menjadi masukan, indonesia memiliki berbagai baju daerah sehingga bisa di jual dengan harga yang mahal, Indonesia memiliki banyak rumah daerah sehingga dapat di sewakan dan menjadi kesenangan tersendiri bagi siatu orang, Indonesia memiliki banyak laut sehingga dapat jadi yempat wisata.
    3. karena virus dapat menyebar dengan sangat cepat dan dapat menyebabkan korban yang berjatuhan sangat banyak. Jika warga tidak mau bekerjasama dengan pemerintah, maka akan ada lebih banyak orang yang terserang wabah penyakit COVID -19.
    kita juga dapat mencegah virus ini dengan menggunakan masker jika ingin pergi untuk urusan yang penting, menjaga jarak antar orang, makan makanan yang sehat, mencuci tangan setelah pergi kemanapun dengan sabun, hindari keramaian terlebih dulu, tetap di rumah mu.
    4. Belajar toleransi, menerima kelebihan dan kekurangan teman, rukun dengan teman,dll
    contoh : jika teman kita pintar tetapi tidak bisa menggambar, kita harus membantu bukan menghina dan tidak bersikap rasis terhadap teman
    5. mengisolasi masyarakat untuk tetap di rumah, menghimbau masyarakat untuk selalu cuci tangan dari tempat umum, menyemprotkan dis infektan ke berbagai tempat, warga dilarang sementara untuk berkumpul, menyuruh kita agar mejaga kebersihan lewat iklan - iklan di tv, dll

    Nathanael.m kelas 7

    ReplyDelete
  15. 1.-lokasi tempat tinggal mempengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia contoh:orang yg tinggal di Manado berbeda dengan orang yg tinggal di Solo
    -tempat tinggal memperngaruhi keberagaman kebutuhan masyarakat contoh:orang yg tinggal di daerah tinggi akan butuh jaket sementara orang yg tinggal di daerah rendah membutuhkan kipas angin
    -tempat tinggal mempengaruhi bidang pekerjaan contoh:orang yg tinggal di daerah pantai memiliki pekerjaan nelayan sedangkan orang yg tinggal di daerah tinggi memiliki pekerjaan petani
    2.-karena adanya keberagaman di Indonesia jadi banyak turis yg akan datang ke Indonesia untuk melihat keindahan alam
    -saat ada keberagaman masyarakat, ini membuat negara Indonesia menjadi lebih indah
    -karena ada keberagaman masyarakat Indonesia, di setiap daerah ad perautan dan kebiasaan yg berbeda
    -karena adanya keberagaman masyarakat indonesia, budaya dan adat di setiap daerah berbeda jadi membuat Indonesia kaya akan budaya
    -karena masyarakat indonesia beragam dan berbeda-beda tetapi kita msih bisa bersatu menunjukkan kepada negara lain bahwa walaupun masyarakatnya beragam, Indonesia masih bisa bersatu
    3.karena SEMUA masyarakat Indonesia harus bekerja sama tetap di rumah (tidak boleh keluar kecuali sangat penting) dan bagi dokter Indonesia harus bekerjasama menangani pasien yg terkena korona dengan baik,bijaksana,dan dengan hati-hati supaya virus tidak menyebar dan dokter dan ilmuwan harus bekerjasama supaya mereka bisa menemukan obat dari virus korona dengan cepat supaya bisa menyembuhkan orang dan virus korona bisa dilenyapkan
    4.untuk menumbuhkan semangat kerjasama di sekolah kita harus menetapkan tujuan yg baik untuk semua orang dan harus melakukan kerjasama dengan murah hati (tidak meminta imbalan dan saling memotivasi sesama supaya tetap semangat kerjasama
    5.kedua negara tersebut dapat menyepakati supaya menutup negaranya supaya tidak ada orang yg bisa masuk ke negaranya (kecuali yg warga negaranya sendiri dan yg berkepentingan) dan kedua negara saling membantu seperti mengirim ilmuwan dan dokter ke laboratory untuk meneliti virus bersama dan berbagi pikiran dan ide mereka atau mengirim pekerja untuk membangun rumah sakit lebih banyak

    ReplyDelete
  16. 1. kondisi alam yg berbeda seperti daerah pantai, pegunungan,rawa,dll mengakibatkan perbedaan masyarakat.masyarakat di daerah pantai berbeda dgn masyarakat pegunungan seperti perbedaan pakaian,kesenian,hahkan kepercayaan. Contoh=orang di pegunungan menjadi nelayan sedangkan orang di kota menjadi pengusaha. 2. A.) Karna banyaknya keberagaman maka makin banyak budaya suku kepercayaan yg bermacam-macam.
    B.) Tempat atau daerah yang bermacam macam keindahannya.
    C.) Banyaknya budaya yang dapat indonesia semakin berwarna oleh kebudayaannya sendiri. D.) Karna warga indonesia semakin banyak maka kita dapat terus memperkuat bangsa kita dari segi apapun.
    E.) Keberagaman indonesia dapat dimanfaatkan juga sebagai devisa negara sehingga negara kita dapat diperkuat.
    3. Kerjasama sangat diperlukan karaena di masa sekarang kita benar benar harus dapat bekerja sama karna jika tidak satu negara bisa kena corona virus. Contohnya kita dapat mematuhi peraturan seperti harus memakai masker.
    4. Bekerja sama dengan cara gotong royong membersihkan sekolah atau kerja piket kelas sehingga ada kerja sama antar siswa di sekolah.
    5.-Melakukamn lockdown
    -menutup penerbangan
    -Tidak memperbolehkan warga negara melakukan penerbangan terlebih dahulu.
    Lalu antar negara saling men support seperti mengirim dokter ke negara lain.
    Felix/7B/PPKN

    ReplyDelete
  17. gabriella cs
    A. Ya, karena jika tidak ada kerjasama atau hanya 1 pihak yang melakukan penanggulangan, maka semua nya akan sia². Kerjasama harus dilakukan oleh 2 pihak sehingga mendapat hasil yg maks. Contoh nya pemerintah menyediakan fasilitas kepada masyarakat. Dan masyarakat mengikuti peraturan yang berlaku. Karna ada kerjasama membuat penanggulangan akan lebih cpt selesai.

    ReplyDelete
  18. A.butuh, karena pemerintah harus mengeluarkan aturan,informasi,DLL kepada masyarakat supaya tetap terupdate dan waspada terhadap virus korona dan supaya masyarakat tidak keluar rumah (kecuali
    berkepentingan) dan masyarakat pun juga harus bekerjasama dengan cara harus tetap tinggal di rumah supaya tidak terkena virus korona atau tidak menyebarkan virus korona

    ReplyDelete
  19. A.butuh, karena pemerintah harus mengeluarkan aturan,informasi,DLL kepada masyarakat supaya tetap terupdate dan waspada terhadap virus korona dan supaya masyarakat tidak keluar rumah (kecuali
    berkepentingan) dan masyarakat pun juga harus bekerjasama dengan cara harus tetap tinggal di rumah supaya tidak terkena virus korona atau tidak menyebarkan virus korona
    joseph 7A

    ReplyDelete
  20. Jessica 7b

    1. kondisi alam yg berbeda seperti daerah pantai, pegunungan,rawa,dll mengakibatkan perbedaan masyarakat.masyarakat di daerah pantai berbeda dgn masyarakat

    2.Keberagaman masyarakat Indonesia adalah suatu keunikan. Bangsa lain tidak seberagam Indonesia. Keberagaman ini berarti ada banyak suku, ras, agama, budaya, dan bahasa di Indonesia. Akan tetapi, bangsa Indonesia menerima semua perbedaan itu dan merangkulnya, seperti semboyan bhinneka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

    3. Agar masalah tentang ini akan cepat diselesaikan karena hasil dari kerja sama kita , jika kita tidak ada kerja sama maka COVID 19 tidak akan cepat hilang.

    4.mengerjakan piket kelas bersama sama , mengerjakan tugas , membersihkan halaman sekolah , jika kita membiasakan siswa seperti itu maka siswa akan terbiasa sehingga dapat menumbuhkan rasa semangat dalam kerja sama.

    5. Saling mengingatkan untuk tidak bepergian ke luar rumah atau berkeliaran tanpa memakai masker , memberi saran untuk makan makanan yg sehat dan terus berdoa.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

TATIKA