Belajar dengan cara kreatif seri membuat resume PERISTIWA PENTING PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MENUJU KEMERDEKAAN


PERISTIWA PENTING PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MENUJU KEMERDEKAAN

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHORMATI  JASA PAHLAWANNYA

Oleh Ir. Soekarno

Sejarah memiliki nilai yang sangat penting dan berharga di kehidupan masa depan, dari sejarah  anak cucu kita nanti akan mengetahui bagaimana bangsa ini berdiri, bagaimana perjuangan untuk mempertahankan bangsa ini, dan bagaimana kehidupan masyarakatnya.


Pada saat  ini sejarah bangsa hanya mendapatkan porsi yang sangat sedikit di dalam kurikulum, sehingga pengetahuan para pelajar tentang sejarah perjuangan bangsa juga sangat minim.  Tidak banyak pelajar yang tertarik mempelajari sejarah bangsanya sendiri.  Hal ini terjadi dikarenakan banyak faktor. 
Faktor-faktor tersebut antara lain disebabkan karena :
1.       Banyak pelajar yang menganggap pelajaran Sejarah adalah pelajaran tentang masa lalu sehingga belajar Sejarah dianggap useless
2.       Guru IPS sebagai pusat informasi tentang sejarah tidak mengajarkan secara detail materi sejarah karena selalu dikejar untuk menyelesaikan isi buku sesuai kurikulum saja
3.       Media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi sejarah  dianggap tidak terlalu menarik
4.       Pelajar jarang diberi tantangan untuk mempelajari sejarah bangsanya sendiri
Dan mungkin banyak masih faktor lain yang menjadi penyebab generasi muda malas belajar tentang sejarah bangsanya sendiri.  Generasi muda yang bagaimana yang akan kita bentuk jika mereka tidak mgenal sejarah mereka sendiri.  Dan bagaimana mereka bisa mencintai bangsanya kalau mereka tidak pernah tahu bahwa negaranya terbentuk itu membutuhkan pengorbanan para pahlawan.  Bagaimana mereka mengenal pahlawannya jika mereka tidak pernah belajar dan membaca sejarah.



Pelajaran Sejarah Bukan Dongeng Sebelum Tidur

Pelajaran sejarah seringkali menjadi dongeng sebelum tidur di banyak kelas.  Artinya Banyak kita temui pada saat pelajaran dimulai dan  ketika seorang guru mengajar materi tentang sejarah yang terjadi adalah  banyak sekali siswa yang mulai menguap dan meletakkan kepalanya di atas bangkunya bahkan ada yang sampai tertidur pulas.  Bagaimana ini bisa terjadi ?
Guru hanya mengajar dengan menggunakan sumber buku paket saja dan yang seperti kita tahu banyak buku paket kita dikemas hanya berwarna hitam putih dan tidak menarik.  Bahkan meski seorang guru sudah meggunakan media lain seperti video sejarah dalam pembelajaran.  Hanya beberapa pelajar saja yang tertarik melihatnya karena film perjuangan bangsa dikemas dalam bentuk  yang kurang menarik.  Pelajar memilih melihat superhero yang sedang booming di masyarakat.

WHO IS MY HERO ?

Jika ada pertanyaan siapa pahlawan yang menjadi favoritmu?  mungkin akan ada banyak pelajar yang akan menyebutkan nama-nama Hero yang ada di film-film Hollywood seperti Spiderman, Batman, Superman, IronMan atau pahlawan lainnya yang memiliki tenaga super dan selalu memilki jiwa penolong.

Pengenalan akan sejarah dan siapa yang menjadi pahlawan dibalik berdirinya negara besar seperti Indonesia sangatlah penting.  Penanaman nilai Nasionalisme perlu ditumbuhkan.  Nasionalisme bukanlah tugas wajib guru PPKn dan guru sejarah saja.  Tetapi seharusnya menjadi tugas kita semua untuk mengenal negra kita secara utuh dari ketika Indonesia merdeka sampai  ketika Indonesia yang sudah seperti sekarang ini.


“Indonesia Menjadi Negara Maju Bukanlah Suatu Impian”

Kalau kita ingat ketika Ikrar Sumpah Pemuda di cetuskan pada tahun 1928, pada saat itu seluruh generasi muda sudah memiliki mimpi,  mereka bermimpi memiliki bangsa sendiri yang bebas dari segala bentuk penjajahan.  Dan mimpi itu terwujud pada tahun 1945 itu artinya selama 17 tahun sejak mimpi itu diikrarkan para pemuda tidak berdiam diri.  Tetapi mereka berusaha mewujudkan mimpi itu sampai mimpi itu menjadi suatu kenyataan.  Dan hari ini kita sudah memiliki bangsa yang besar , bangsa bermartabat yang merupakan hasil dari mimpi generasi pada masa itu.

Kalau hari ini kita semua khususnya para generasi muda mau mewujudkan mimpi yang jauh lebih besar yaitu bermimpi bahwa Indonesia akan menjadi negara yang maju pasti akan menjadi kenyataan.  Bergandeng tangan untuk membangun bangsa yang merupakan warisan para pahlawan yang sudah rela mengorbankan seluruh hidupnya untuk kemerdekaan bangsa ini

Sudah Saatnya kita mengenal siapa pahlawan dibalik  berdirinya negara Indonesia ini.

Kenali bangsamu melalui sejarah dan pahlawannya, wujudkan nasionalisme melalui tindakanmu.  Masa depan Indonesia ada di tanganmu berikan warisan bangsa yang terbaik buat generasi-generasi selanjutnya. 

I Love My Country
Untuk bisa membangun  negaramu dan mempertahankannya dimulailah dengan mencintainya dan pelajari sejarahnya

HOW I LEARN HISTORY ?
Tugas untuk pelajar dalam  mempelajari sutu peristiwa sejarah bisa dengan cara membuat resume.
Meresume bisa dengan menuliskan teori penting dan melengkapi nya dengan  keterangan secara sederhana

 resume

TUGAS UNTUK EVALUASI

A. Tulis di kolom komentar di bawah ini, apa saja keuntungan kalau kita belajar sejarah 

B. Pilihan materi yang harus dibuat resume (pilih salah satu materi)

Peristiwa yang aku perlu tahu dari sejarah bangsaku :

1.       Pertempuran 5 hari di Semarang 14 hingga 18 Oktober 1945
2.       Pertempuran Palagan Ambarawa 12-15 Desember 1945
3.       Peristiwa Bandung Lautan Api23 Maret 1946.
4.       Peristiwa 10 Nopember 1945 di Surabaya
5.       Peristiwa pindahnya Ibu kota pindah ke Yogyakarta
6.       Perjanjian Renville
7.       Perjanjian Linggarjati
8.       Serangan Umum 1 Maret 1949 atas Yogyakarta
9.       Perjanjian Roem Royen
1.       Serangan Umum Surakarta
1.      Konferensi Meja Bundar

Cari kisahnya dari berbagai media  baca,  pelajari dan buatlah resume dengan menarik.  kirim ke email endah426@gmail.com

Comments

  1. rafael
    A. Kita dapat mengetahui peristiwa masa lampau,menjadi sumber inspirasi bagi kita semua, dan dapat memperluas wawasan dan pikiran kita.

    ReplyDelete
  2. Zello
    Kita mendapat wawasan tentang peristiwa yang ada di masa lampau dan kita dapat mempelajari dan meniru sifat dan cara berpikir yang baik dari mereka

    ReplyDelete
  3. kita bisa mengetahui apa saja yang telah terjadi di masa lalu sehingga kita bisa mendapat lebih banyak wawasan yang pasti akan berguna di masa yang akan datang.kita juga bisa mengambil sisi positif dari tokoh tokoh tersebut seperti pantang menyerah,adil,tidak egois,dsb.kita juga bisa menjadi pribadi yang lebih bersyukur karena berkat tokoh tokoh yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia kita sekarang bisa hidup dengan tentram tidak harus berperang.

    ReplyDelete
  4. Oswald
    A.
    - Kita dapat mengetahui peninggalan peninggalan kerajaan jaman terdahulu yang dapat menjadi pembelajaran bagi Kita untuk mengingat apa yang terjadi sebelum merdeka
    - Kita dapat mengingat proses kemerdekaan sampai sekarang Indonesia Dan proses perjuangan para tokoh tokoh kemerdekaan
    - Kita dapat mengambil nilai nilai yan baik Dari Masa perjuangan pada Masa terdahulu Dan mengambil nilai nilai untuk giat belajar

    ReplyDelete
  5. FELICIA JOLIN
    Sebagai salah satu bentuk ilmu pengetahuan,sejarah tentu memiliku manfaat dan kegunaan apabika kita meneliti atau pun mempelajarinya.
    Kita dapat mengetahui para pejuang agar mempertahankan negara ini dan sebagainya...

    ReplyDelete
  6. Kenaz
    Kita dapat mengenal peristiwa dan perjuangan para pahlawan pada masa lampau dan mengerti nilai-nilai baik yang bisa kita pelajari dari pahlawan

    ReplyDelete
  7. Valent
    Kita bisa mengetahui cerita cerita dan peninggalan peninggalan dari berbagai tokoh pada zaman dahulu, hal hal tersebut pasti memiliki pelajaran pelajaran yang dapat kita ambil dan pelajari, selain itu kita juga bisa mengingat kembali proses proses yang dilakukan oleh tokoh tokoh pejuang kita pada zaman dahulu, yang sehingga bisa menjadi motivasi untuk diri kita, apalagi sebagai pelajar.

    ReplyDelete
  8. Isaac Tan

    Kita sebagai pelajar dan orang-orang penerus bangsa dapat belajar/mengetahui banyak hal yang dapat berguna bagi masa depan bangsa,contoh nya dari sejarah kita belajar dari setiap kesalahan yang sudah dibuat oleh nenek moyang kita,kita bisa belajar latar belakang bangsa Indonesia dan segala kekayaan nya,kita dapat belajar lebih banyak tentang berbagai macam budaya Indonesia dari sejarah,kita dapat belajar untuk menggunakan cara yang lebih pintar dan efektif untuk menghadapi masalah.dan dari sejarah Indonesia dari kekayaan nya,budaya nya,dan juga masa penjajahan nya.Semua nya dapat menjadi motivasi bagi kita pelajar bangsa Indonesia untuk lebih giat lagi belajar dan berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  9. Jeslyn Velita

    A. Karena sejarah membuat kita belajar dari masa lalu tentang artiny perjuangan. Bagaimana cara agar tetap tidak menyerah demi negara nya. kita dapat mengambil sisi sisi positif dari apa yang telah mereka lakukan untuk kita. Cara mereka untuk tetap mepertahankn negara nya.

    ReplyDelete
  10. EUNIKE KURNIA PUTRI

    Keuntungan kalau kita mau belajar sejarah :
    • peristiwa sejarah di masa lampau bisa kita jadikan inspirasi agar moral generasi indonesia terus maju menjadi lebih baik.
    • memperluas wawasan dan pikiran.
    • melatih diri kita untuk lebih bersikap kristis terhadap sesuatu.
    • membuka pandangan kita lebih luas terhadap dunia.

    ReplyDelete
  11. Sebagai generasi muda penerus bangsa kita perlu belajar mengenai sejarah, mengenal bagaimana kerasnya perjuangan para pahlawan-pahlawan yg sudah berjuang bagi bangsa ini,dengan belajar sejarah kita juga memperluas pengetahuan kita mengenai perjuangan para pahlawan. Dengan belajar sejarah kita juga bisa menerapkan hal2 positif yg bisa kita ambil dari sejarah2 yg kita tahu seperti bekerja keras,tangguh,bekerja sama dll. Sekarang waktunya kita untuk melanjutkan perjuangan dengan belajar yang giat.

    ReplyDelete
  12. Gabriela ekklesia 8b
    Sebagai generasi muda penerus bangsa kita perlu belajar mengenai sejarah, mengenal bagaimana kerasnya perjuangan para pahlawan-pahlawan yg sudah berjuang bagi bangsa ini,dengan belajar sejarah kita juga memperluas pengetahuan kita mengenai perjuangan para pahlawan. Dengan belajar sejarah kita juga bisa menerapkan hal2 positif yg bisa kita ambil dari sejarah2 yg kita tahu seperti bekerja keras,tangguh,bekerja sama dll. Sekarang waktunya kita untuk melanjutkan perjuangan dengan belajar yang giat.

    ReplyDelete
  13. Riventi 8B
    Menurut saya, kalau kita belajar sejarah maka kita akan lebih mengenal bagaimana sejarah jaman dulu kemudian hal tersebut adalah salah satu sarana kita untuk mengenal lebih jauh bangsa kita dan bangsa lainnya dan kita dapat mengetahui identitas negara kita sendiri dan negara lainnya. Pokok nya sangat bermanfaat sekali ketika kita belajar sejarah.

    ReplyDelete
  14. Angela Wang

    Keuntungannya dari kita belajar sejarah sangat banyak yang pertama,melalui sejarah kita dapat mengenal peristiwa,tokoh-tokoh, dan kejadian apa saja yang terjadi di masa lampau sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita untuk melawan masalah yang didepan.Yang kedua dengan mempelajarinya kita dapat inspirasi untuk bidang seni seperti film,buku,novel dan musik.Dan yang terakhir sejarah dapat menjadi sarana rekreasi kita seperti mengunjungi situs sejarah,candi-candi dan museum-museum.

    ReplyDelete
  15. Agar kita bisa mengerti keadaan di masa lalu dan yang dilakukan pada saat itu,juga bisa mengenal tokoh tokoh pada masa lalu dan juga tempat yang bersejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Novaldi 8
      Agar kita bisa mengerti keadaan di masa lalu dan yang dilakukan pada saat itu,juga bisa mengenal tokoh tokoh pada masa lalu dan juga tempat yang bersejarah

      Delete
  16. Jovan Natanael

    Sebagai Siswa di Indonesia sudah sepatutnya kita mengerti sejarah Indonesia untuk merdeka, keuntungannya adalah, melalui sejarah kita dapat mengenal peristiwa,tokoh-tokoh, dan kejadian apa saja yang terjadi di masa lampau sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita untuk dijadikan inspirasi untuk mengahadapi masalah" yg akan datang.Dengan mempelajarinya kita dapat inspirasi untuk film, dll.Dan kita juga dapat membuat Tokoh" dimasa lampau menjadi panutan untuk melindungi Negara kita Negara Indonesia dan menghormati pahlawan" yg tlah mati untuk Indonesia.

    ReplyDelete
  17. Stephen Wang
    Keuntungan kita dari belajar sejarah adalah agar kita dapat mengetahui keadaan pada masa lalu, dapat mengerti perjuangan yg telah dilakukan oleh tokoh tokoh pada masa lalu, dan kita dapat menerapkan sikap sikap positif tersebut di masa sekarang seperti selalu pantang menyerah, dan lain lain

    ReplyDelete
  18. Emmanuela Phoebe S.

    Keuntungan Mempelajari Sejarah:
    1. Mengetahui asal usul benda disekitar kita.
    2. Menghargai jasa orang terdahulu
    3. Mengetahui perkembangan teknologi dan peradaban
    4. Mempelajari kesalahan orang masa lalu agar bisa mengambil pelajaran dan tidak mengulang kesalahan lagi.

    ReplyDelete
  19. Chelsea Agnesta 8B

    Keuntungan mempelajari sejarah adalah kita bisa mengetahui apa saja yang terjadi di negara kita pada masa lampau, sehingga kita dapat menghargai para pahlawan kita yang telah gugur di masa tersebut dan meneruskan perjuangan para pahlawan di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  20. keuntungannya adalah kita dapat mengerti kalau betapa beratnya pahlawan mengusir penjajah dari negara ini hingga merdeka dan tidak ada lagi perang sehingga negara kita aman dari penjajahan dan kita juga dapat menghargai jasa-jasa para pahlawan dan sebagai pelajar yang harus kita lakukan adalah belajar dan mendapat ilmu setinggi-tingginya agar dapat membanggakan bangsa kita sendiri.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Cecilia Julianti L.April 6, 2020 at 5:48 PM

    Cecilia Julianti L.

    keuntungan mempelajari sejarah adalah Melalui pengetahuan mengenai hal-hal yang telah terjadi, kita menjadi punya kemampuan untuk memprediksi yang mungkin terjadi ke depannya, Sehingga kita tidak mengulang kesalahan yang sama.

    ReplyDelete
  23. keuntungan dari mempelajari sejarah adalah untuk mengetahui setiap detail perjuangan yang telah mereka lakukan dan belajar untuk menghargai

    ReplyDelete
  24. Kita bisa memebelajari sejarah secara luas karna terdapat sumber seperti internet yg bisa kita andalkan

    ReplyDelete
  25. Dengan belajar sejarah kita dapat mengetahui peristiwa-peristiwa di masa lalu sehingga dapat kita jadikan sebagai sumber inspirasi dan edukasi.

    ReplyDelete
  26. Karna kita dapat mengetahui tentang peristiwa masa lalu dan tahu peningalan dari masa lalu untuk di kenang dan di jaga

    ReplyDelete
  27. 1. sebagai panduan moral dan Politik, 2. Sarana mengenal lebih dekat bangsa sendiri dan bangsa-bangsa lainnya, 3. Memperkokoh identitas bangsa, 3. latihan berpikir menyeluruh (Holistik) dan multiperspektif, 4. melatih berpikir diakronis dan sinkronis..... pokoknya sangat bermanfaat mempelajari sejarah.

    ReplyDelete
  28. Dinda Maharani Rachma Putri 8c

    1. sebagai panduan moral dan Politik, 2. Sarana mengenal lebih dekat bangsa sendiri dan bangsa-bangsa lainnya, 3. Memperkokoh identitas bangsa, 3. latihan berpikir menyeluruh (Holistik) dan multiperspektif, 4. melatih berpikir diakronis dan sinkronis..... pokoknya sangat bermanfaat mempelajari sejarah.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

Belajar dengan cara kreatif Seri Analisis : Berbeda Itu Indah

TATIKA