PELATIHANMENULIS SERI Menulis dan Membuat Buku Digital


PELATIHANMENULIS SERI  Menulis dan Membuat Buku Digital

Senin 27 April 2020 Pukul 13.00 s.d 15.00.

Nara sumber: Bapak Onno W Purba
Tema: Menulis dan Membuat Buku Digital

Oleh : Endah Winarsih, S.Pd



MEMBUAT E-BOOK DENGAN CARA YANG MUDAH


Biodata Pribadi :

Bapak Onno Widodo Purbo dilahirkan di Bandung Jawa Barat, 17 Agustus 1962 ; umur beliau 57 tahun. Beliau adalah seorang tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi asal Indonesia, selain pakar bapak Onno juga dikenal sebagai penulis, pendidik dan pembicara di Seminar. Beliau juga sebagai Aktivis yang dikena dalam upaya memperjuangkan Linux. Karya inovatifnya diantaranya adalah wajanbolic sebagai upaya koneksi internet murah tanpa kabel dan RT /RW- Net sebagai jaringan komputer swadaya masyarakat untuk menyebarkan Internet murah, serta penerapan Open BTS.

Beliau memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan teknik elektro tahun 1981 dan lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME.

Beliau  juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi, media, seminar, konferensi nasional maupun internasional dan percaya filosofi copyleft (sumber terbuka), banyak tulisannya dipublikasikan di Internet secara gratis.

Sebagai pakar Teknologi  Bapak Onno hanya menggunakan netbook dan telpon seluler Android merek lokal. Pada tahun 2013 ia bergabung sebagai Dosen di Surya University. Universitas ini didirikan oleh fisikawan ;Prof Yohanes Surya Ph.D.

E- BOOK
Mudahnya membuat buku digital semudah klik

Istilah yang sudah tidak asing bagi masyarakat yang bertehnologi saat ini.  Kebutuhan membaca dampak dari dibudayakannya Literasi jad semakin tinggi.  Untuk alasan kepraktisan banyak orang yang memilih untuk membaca buku dalam bentuk E-book
E-Book adalah buku elektronik  atau buku digital yang dibuat oleh penulis, akademisi atau penerbit dengan berbagai tujuan
dengan adanya E-book bukan berrti menggeser keberadaan buku yang di cetak secara fisik. 
Biasanya penulis atau penerbit menerbitkan buku dalam dua bentuk sekaligus yaitu bentuk elektronik dan fisik  .

Pembuatan e-book diperlukan untuk menjangkau wilayah atau daerah  yang mengalami kesulitan dalam pendistribusian buku cetak fisik  dalam skala jauh.  Dengan adanya e-book semua orang bisa mengakses buku tersebut melalui fasilitas Internet, Di mana saja dan kapan saja yang dibutuhkan hanya jaringan internet.

Dengan demikian  masyarakat tidak perlumkesulitan  mencari buku teks tditoko buku karena bisa langsung akses melalui Internet. Atas alasan inilah  yang akhirnya menjadi pendorong bagi penulis untuk menerbitkan bukunya dalam bentuk digital atau elektronik.

Kelebihan penggunaan E-book
·         memudahkan akses untuk penulis dan pembaca
·         praktis
·         modern
·         mudah digunakan
·         secara fisik mudah dibawah
·         mudah di simpan

Dengan E-book pengguna bisa membawa banyak buku tanpa harus berat secara fisik.  Dan ketika mau membaca bisa sewaktu-waktu. Tentu masyarakat tidak bisa membawa puluhan hingga ratusan buku dalam jangka waktu yang sama. Selain itu, e-book juga memiliki karakteristik modern karena menggunakan teknologi informasi sebagai sarana untuk mengakses buku tersebut.  Diera digital seperti saat ini, hampir setiap orang didunia bisa mengakses Internet melalui teknologi yang dimilikinya.

CARA MEMBUAT BUKU E-BOOK

§  Buat tulisan di microsoft dalam bentuk apasaja seperti gambar, grafik, tulisan dan lain-lain sesuai yang diinginkan
§  Tulisan yang sdudah jadi dalam bentk MS Word di ubah ke dalam bentuk PDF
§  Untuk mengubah MS Word ke bentuk PDF sangat mudah , ketika ingin lakukan save tinggal memilih bentuk PDF.

Alasan mengapa harus di ganti dalam bentuk PDF
§  alasan keamanan
§  lebih praktis
§  bentuk tulisan dan settingan halaman tidak berubah ketika di buka

Demi  alasan keamanan disini artinya PDF tidak mudah di edit atau diubah orang lain dengan mudah. Sehingga orisinalitas tulisan penulis masih bisa terjaga.  Disisi lain, format PDF akan menjadi kan e-book praktis karena formatnya yang lebih rapi dan bisa diakses melalui gadget.  Oleh karena itu, format PDF menjadi format yang wajib digunakan untuk para penulis e-book.

Cara mengubah MS word  ke PDF bisa melalui  dua cara dalam  membuat buku digital
ü  Secara offline dalam artian bahwa proses untuk mengubah file tersebut dilakukan tanpa menggunakan bantuan Internet.
ü  . Di sisi lain, secara online mengandung maksud bahwa proses pengubahan dari Word ke  PDF memerlukan bantuan Internet.
Dengan kata lain penulis bisa menggunakan cara ini dengan membuka beberapa website yang menggunakan jasa untuk mengubah format tersebut. Kelebihan dari aplikasi online yaitu tidak hanya untuk diubah ke dalam bentuk PDF, tetapi format PDF pun juga bisa diubah kedalam bentuk Word.

Pertama, penulis bisa mengubah file dalam format Word kedalam PDF melalui sistem offline. Biasanya disetiap aplikasi Microsoft Word ada pilihan untuk disimpan kedalam bentuk PDF yaitu bagian Save  As .

Apabila Microsoft Word belum menyediakan pilihan tersebut maka penulis bisa mendownload aplikasi tersebut melalui https ://www.microsof. com /en- us /download.  Apabila telah berhasil didownload, langkah selanjutnya adalah dengan menginstal aplikasi tersebut.

Kedua, penulis dan penerbit bisa mengubah format file dari Word ke PDF dengan menggunakan akses Internet ( online).


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN

Belajar dengan cara kreatif Seri Analisis : Berbeda Itu Indah

TATIKA